Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris DPRD Kalimantan Selatan Antung HM mengatakan, kekosongan ketua lembaga legislatif tingkat provinsi tersebut segera terisi.

"Pengambilan sumpah/janji Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) pengganti antarwaktu (PAW) itu pada rapat paripurna istimewa dewan, 3 April 2017," ujarnya menjawab wartawan di Banjarmasin, Jumat.

Ia menerangkan, PAW Ketua DPRD Kalsel periode 2014-2017 itu berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Nomor : 161.63-2533 tahun 2017, 23 Meret 2017.

PAW Ketua DPRD Kalsel tersebut H Burhanuddin menggantikan Hj Noormiliyani Aberani Sulaiman yang mengundurkan diri sebagai unsur pimpinan/ anggota lembaga legislatif tingkat provinsi itu pada Oktober 2016.

Pengunduran diri "Srikandi" Partai Golkar dari jabatan Ketua/anggota DPRD provinsi itu karena mencalon Bupati Barito Kuala (Batola), Kalsel dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) kabupaten tersebut yang pencoblosannya 15 Februari lalu.

PAW Ketua DPRD Kalsel tersebut sama-sama kader Partai Golkar, namun asal daerah pemilihan (dapil) yang berbeda, yaitu Burhanuddin dari dapil Kalsel VI/Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), yang bersangkutan juga mantan Ketua DPRD Tanbu dua periode.

Sedangkan Noormiliyani AS asal dapil Kalsel III/Kabupaten Batola yang mendapatkan suara terbanyak untuk anggota DPRD provinsi tersebut pada Pemilihan Umum tahun 2014.

Sementara keanggotaan DPRD Kalsel periode 2014 - 2019 sebanyak 55 orang terdiri dari Partai Golkar 13, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan delapan dan Partai Persatuan Pembangunan tujuh orang.

Kemudian dari Pertai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) masing-masing enam orang, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) lima dan Partai Demokrat empat orang.

Selain itu, dari Partai Nasional Demokrat atau NasDem tiga orang, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dua, serta Partai Amanat Nasional (PAN) satu orang.

Kepemimpinan DPRD Kalsel itu sebanyak empat orang (satu ketua + tiga wakil) masing-masing dari Partai Golkar, PDI-P (Muhaimin), PPP (Asbullah AS) dan PKB (H Hamsyuri).

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017