Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kepolisian Sektor Kota (Polsekta) Banjarmasin Timur telah membuat dan menciptakan aplikasi online guna memberikan pelayanan untuk masyarakat yang berbasis online.

     "Aplikasi online Polsekta Banjarmasin Timur itu bisa di download atau diunduh melalui playstore yang ada di Hp android milik masyarakat," kata Kapolsekta Banjarmasin Timur Kompol Dese Yulianti SH Map di Banjarmasin, Jumat.

     Dia mengatakan, aplikasi online itu dibuat hanya untuk semata-mata meningkatkan kepercayaan serta berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

     Dengan adanya aplikasi tersebut masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang cepat, mudah, tidak berbelit, dan bebas pungli.

     Selain itu bersama aplikasi tersebut nantinya bisa membantu serta memudahkan masyarakat yang membutuhkan bantuan polisi dan ingin konsultasi hukum bisa langsung melalui smartphone tanpa harus menunggu dan datang ke kantor polisi.

     Aplikasi android gratis dan sederhana itu memiliki banyak fungsi di dalamnya. Melalui aplikasi yang bisa diunduh melalui file APK secara gratis ini diberi nama aplikasi "Polsek Bantim".

     "Silahkan masyarakat di wilayah Banjarmasin Timur untuk bisa mengunduh aplikasi tersebut agar bisa mendapatkan pelayanan cepat dari Polsekta kami," ucap Srikandi Polsekta Banjarmasin Timur itu.

     Dese sapaan akrab Kapolsekta Banjarmasin Timur itu juga mengatakan, aplikasi layanan berbasis online itu diciptakan sesuai dengan perintah Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian yang memerintahkan kepada seluruh jajaran Polri untuk meningkatkan pelayanan publik yang lebih mudah dan berbasis TI kepada masyarakat.

      Terus dikatakan, dalam aplikasi itu masyarakat bisa konsultasi masalah hukum, membuat laporan pengaduan secara online, pengawalan, pengamanan, bisa juga membuat SKCK secara online melalui menu yang diarahkan ke situs resmi Polri yaitu polri.go.id.

      Selain itu, bagi yang ingin tahu kegiatan Polsekta Banjarmasin Timur ada aplikasi news yang khusus menampilkan berita kegiatan Polsekta setempat. 

     Bukan itu saja, bagi masyarakat yang mau latihan uji SIM, di aplikasi itu juga ada simulator latihan uji SIM yang dikeluarkan oleh Korlantas Polri. 

     Bagi masyarakat yang mau memantau Karhutla, di aplikasi yang diciptkan itu masyarakat bisa melihat sebaran panas atau hot spot kebakaran hutan atau lahan serta peringatan dininya.

     "Aplikasi ini sudah bisa didownload melalui playstore," tutur wanita yang pernah menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Banjar itu.

      Silahkan di klik link tersebut, dan download gratis tanpa ada biaya. Masyarakat nantinya hanya akan diminta mendaftarkan akun untuk masuk pertama kali.

      Kapolsekta Banjarmasin Timur terus mengatakan aplikasi pelayanan berbasis online itu diciptakan dan dibuat oleh anggota Polsekta Banjarmasin Timur Briptu Eddy Purwanto.

      Dengan berbekal sedikit kemampuan dan ilmu di bidang TI (Teknologi Informasi), Briptu Eddy memikirkan bagaimana caranya bisa membantu memudahkan masyarakat yang membutuhkan bantuan polisi.

      Sementara itu saat ditanya kepada Briptu Eddy apa tujuannya membuat aplikasi tanpa harus dibayar itu, sambil tersenyum dia menjelaskan kalau dirinya hanya semata-mata berniat tulus ikhlas dan ingin membantu masyarakat agar apabila berurusan ke Polsekta Banjarmasin Timur bisa lebih mudah.

      "Saya sedikitpun tidak mengharap upah dari kantor dan ini saya lakukan hanya untuk membantu masyarakat saja supaya lebih mudah dan masyarakat tetap merasa dekat dengan Polri khususnya Polsekta Banjarmsin Timur," ujarnya.

      Eddy terus mengatakan berkat dukungan dan motivasi yang sangat besar dari Kapolsekta Banjarmasin Timur Kompol Dese yulianti aplikasi ini bisa selesai dan berguna untuk masyarakat. 
     

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017