Barabai, (AntaraNews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten HST melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) menggelar kegiatan Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2017 dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten di Pendopo Bupati HST, senin (27/3).


Kepala Bappelitbangda, H A Syahriani Effendi, dalam laporannya menyampaikan, dari hasil Musrenbang desa dan konsultasi publik yang dilaksanakan beberapa minggu yang lalu,  ada 226 usulan kegiatan yang dibiayai oleh APBN dan 82 usulan yang dibiayai APBD namun yang dapat diterima hanya 38 usulan.

"Usulan ke APBN adalah peningkatan seluruh ruas jalan nasional yang melalui wilayah Kabupaten HST, termasuk peninggian jalan nasional di desa Pajukungan, Bukat dan jalan lingkar Walangsi Kapar.

Pada Bidang Sumberdaya air, selain diusulkan penyelesaian irigasi Batang Alai, juga diusulkan tahapan lanjutan pekerjaan untuk pembangunan bendungan Pancur Hanau. 

Sedangkan usulan ke APBD Provinsi yaitu peningkatan jalan provinsi termasuk rehabilitasi jembatan pagat dan 6 buah jembatan ruas Sungai Buluh sampai Mantaas sebagai jalan strategis Provinsi,"katanya.

Bupati HST, H Abdul Latif juga menyampaikan,  pada tahun 2017 ini ada beberapa kebijakan  prioritas pembangunan yaitu  pembenahan dan pembangunan RS H Dhamanhuri yaitu ruang rawat inap kelas II, I,  dan VIP serta melengkapi pengadaan alat  CT Scan.

Selanjutnya, membangun 2 buah PKM Perawatan di desa Kambat Utara dan Kalibaru, memetakan kondisi sekolah dengan penataan guru, regrouping sekolah dalam rangka efisiensi biaya pendidikan, merevitalisasi dan membangun pasar sehat modern.

"Kami juga akan meningkatkan keamanan dan kenyamanan lingkungan dengan menambah personel Satpol PP, serta memperluas akses layanan dan perbaikan air bersih khususnya PDAM 

Berikutnya adalah melakukan pelebaran jalan dan penggantian jembatan kayu dan jembatan yang rusak menjadi jembatan beton yang jumlahnya 134 buah dan memperbaiki serta meningkatkan layanan publik dan kinerja pemerintahan,"ujarnya.

Acara tersebut juga dihari oleh Kepala FKPD, SOPD,  Pembakal, Ulama, ormas dan tokoh-tokoh masyarakat dengan di isi materi dari Bapedda Provinsi Kalsel Riza Rosyadi tentang Ranwal RKPD Kalsel dan Ketua DPRD HST H Saban Effendi tentang pokok-pokok pikiran DPRD terhadap arah pembangunan Kabupaten HST serta perwakilan Bank Indonesia Kalsel tentang perekonomian global.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Muhammad Taufikurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017