Marabahan,  (Antaranews Kalsel) - Kepala Dinas Komunikasi dan Infomasi Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Akhmad Wahyuni mengatakan, pada tahun 2017 instansinya berencana membangun informasi interkoneksi jaringan di wilayah kecamatan hingga ke perdesaan.

"Hal itu dilakukan, mengingat jaringan sangat dibutuhkan terutama untuk kegiatan pemerintahan dalam hal pembuatan laporan," ujar Akhmad Wahyuni, di Marabahan, Senin.

Menurut dia, sekarang ini kepala desa paling jauh membuat laporan hingga kecamatan, jika harus sampai ke ibukota kabupaten terpaksa harus melakukan jarak tempuh yang sangat berisiko.

Bahkan, dalam rangka pelaksanaan e-goverment, sebut dia, pihaknya merencanakan membangun layanan keluhan masyarakat.

Sehingga semua jenis keluhan yang berhubungan dengan seluruh SOPD, jelas dia, bisa terlayani oleh Diskominfo Batola dengan harapan bisa memudahkan pengelolaan informasi maupun penjelasan yang di sampaikan ke masyarakat.

Selain merencanakan membuat jaringan interkoneksi, ucap dia, pada tahun 2017 pihaknya akan membangun jaringan wifi gratis di tiga lokasi seperti di Taman Palagan depan Kantor DPRD lama, Taman Perkantoran dan Dermaga Pasar Baru Marabahan.

Untuk jaringan wifi gratis di Dermaga Pasar Baru Marabahan tersebut, ungkap dia, sifatnya hanya sementara dan akan dipindahkan ke Taman Jembatan Rumpiang.

Lebih lanjut dia mengemukakan, untuk pembangunan jaringan komunikasi membutuhkan dukungan semua SOPD, sehingga kegiatannya bisa terpusat di salah satu SOPD sesuai tupoksi yang ditentukan.

. Kemudian, terang dia, pentingnya teknologi informasi saat ini karena keberadaannya sangat menentukan kemajuan suatu daerah dan masyarakat.

"Sesuai pribahasa siapa yang menguasai informasi maka ia akan menguasai dunia," demikian tegas mantan Kabag Humpro Setda Batola itu.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017