Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia dan Persatuan Angkat Berat Seluruh Indonesia Kalimantan Selatan mengharapkan Gubernur setempat, H Sahbirin Noor atau Paman Birin menjadi Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia di provinsi itu.

Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) dan Persatuan Angkat Berat Seluruh Indonesia (PABSI) Kalimantan Selatan (Kalsel) HM Rosehan NB mengemukakan harapan itu di Banjarmasin, Kamis menjelang pemilihan Ketua Umum (Ketum) KONI provinsi tersebut.

Anggota Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalsel yang membidangi keolahragaan tersebut mengemukakan beberapa alasan, mengapa mengharapkan Paman Birin menjadi Ketum KONI di provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota itu.

"Alasan itu antara lain, guna menyinkronkan kebijakan pemerintah provinsi (Pemprov) dengan program KONI atau bidang keolahragaan. Terlebih Paman Birin berkeinginan agar Kalsel menjadi `tuan rumah` PON tahun 2024," tuturnya.

"Selain itu, saya berkeyakinan pengurus KONI kabupaten/kota seprovinsi ini juga akan memberi dukungan kalau Paman Birin sebagai Ketum KONI Kalsel," lanjut mantan Wakil Gubernur setempat yang bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tersebut.

Belum lagi dukungan pengurus top-top olahraga dan kabarnya sebanyak 19 pengurus daerah (pengda) dari masing-masing cabang olahraga (cabor) di Kalsel akan mendukung Paman Birin menjadi Ketum KONI provinsi setempat.

Mengenai boleh atau tidaknya Gubernur menjadi Ketum KONI provinsi, dia tidak mempersoalkan itu, kecuali menunjuk contoh ada beberapa kepala daerah yang menjadi ketua umum KONI setempat, antara lain di Sumatera Selatan, Sulawesi Utara dan Papua Barat.

"Kalau provinsi lain Gubernurnya boleh menjadi Ketum KONI setempat, kenapa Kalsel tidak. Kan mungkin akan lebih baik dalam sinkronisasi pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga," demikian Rosehan.

Menurut rencana Musyawarah Provinsi (Musprov) KONI Kalsel untuk memilih ketum-nya atau kepengurusan dijadwalkan pada Maret ini (2017) juga, yang sebelumnya dipegang almarhum Haji Abdussamad Sulaiman HB.

Kemudian sebagai Pelaksana tugas (Plt) Ketum KONI Kalsel H Bambang Heri Purnama yang kini anggota DPR RI dari Partai Golkar asal daerah pemilihan provinsi tersebut.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017