Rantau, (Antaranews Kalsel) - Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan terus berupaya mengajak masyarakat agar melek teknologi terutama dalam mengakses berbagai informasi penting tentang perkembangan pembangunan daerah dan lainnya.

Kepala Dinas Kominfo HM Thamberin di Rantau, Kamis mengatakan, upaya tersebut antara lain dengan memberikan layanan wifi gratis di Ruang Terbuka Hijau (RTH) kawasan Rantau Baru, yang disediakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tapin.

"Kita sediakan Wifi ini sebagai sarana pendidikan dan pengetahuan bagi masyarakat," kata Thamberin.

Ia mengungkapkan, pemasangan satu unit wifi gratis tanpa password di kawasan Rantau Baru tersebut, merupakan salah satu layanan dari Diskominfo untuk masyarakat, sehingga sambil bersantai, masyarakat bisa menambah wawasan terkait perkembangan pembangunan daerah dan nasional.

Selain itu pemasangan internet atau wifi gratis tersebut juga bertujuan guna memberikan informasi yang diperlukan oleh masyarakat luas.

"Jadi bagi masyarakat yang ingin bersantai di kawasan danau Rantau Baru, sekaligus dapat menikmati internet yang kami sediakan, dengan catatan internet ini harus digunakan dengan bijak, baik untuk belajar ataupun mengetahui informasi pembangunan," Katanya.

Pembangunan layanan wifi gratis ini diambil dari anggaran Diskominfo tahun 2017, karena anggaran yang terbatas sehingga baru RTH Rantau baru yang disediakan layanan internet.

Diharapkan, pada 2018, pengadaan wifi gratis ini dapat terus bertambah, agar kawasan-kawasan keramaian bisa disediakan internet gratis tersebut, bukan hanya di wilayah perkotaan tetapi hingga kecamatan, sehingga masyarakat perdesaan juga bisa menikmati informasi gratis ini.

"Mudah-mudahan masyarakat disekitar lokasi bisa memanfaatkan wifi tersebut, dan agar wifi tersebut dapat dipelihara sebaik mungkin," katanya.

Sebagaimana di ketahui, saat ini Pemkab Tapin terus berupaya mendorong keterbukaan informasi publik terkait program pembangunan, yang akan dan sedang dilaksanakan oleh pemerintah daerah, baik yang dilakukan melalui media cetak maupun online.

Melalui program informasi secara online tersebut, diharapkan masyarakat akan lebih cepat menerima informasi dan menyampaikan secara aktif berbagai harapan yang diinginkan untuk kemajuan daerah.

Pewarta: M Husein Asyari

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017