Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Mantan Ketua DPRD Kota Banjarmasin H Rusian berkeinginan mengembalikan kejayaan Partai Demokrat di Provinsi Kalimantan Selatan.

Oleh sebab itu yang bersangkutan mau mencalon Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Kalimantan Selatan (Kalsel) periode 2017 - 2022, ujarnya menjawab wartawan di Banjarmasin, Selasa sore.

"Saya sedih kalau partai politik (parpol)-nya pernah berjaya di Kalsel sampai terpuruk," lanjutnya saat bertandang ke kediaman H Fikri (Ketua DPD Partai Demokrat provinsi tersebut) di Komplek Permata Bunda Jalan A Yani Km8.

Ia bertekad, dengan segala daya upaya dan kemampuan dengan disertai dukungan kader-kader Partai Demokrat lainnya, membesarkan kembali atau mengembalikan kejayaan parpol besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu di Kalsel.

"Oleh karena itu, kedatangan saya ke rumah Pak Fikri selain melapor, sekaligus mendaftarkan diri untuk menjadi calon Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel periode lima tahun mendatang," demikian Rusian.

Sepanjang sejarah keberadaan Partai Demokrat di Kalsel pernah mencapai kejayaan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2009, menempati urutan kedua dalam meraih kursi keanggotaan DPRD provinsi itu.

Kemudian hasil Pemilu 2014 perolehan Partai Demokrat pada DPRD Kalsel mengalami penurunan drastis dari sembilan, tinggal empat orang saja atau hampir tidak mencapai satu fraksi berdiri sendiri.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel H Fikri mengapresiasi keinginan dan tekad mantan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) parpol tersebut pada tingkat Kota Banjarmasin.

Ia mengatakan, partainya selalu terbuka siapa pun yang mau mencalon Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel, asalkan kader dari parpol tersebut.

"Tetap yang jelas seorang Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel harus memiliki kemampuan, dan tidak bisa kalau cuma setengah-setengah," ujar Fikri yang juga Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD tingkat provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota itu.

Musyawarah Daerah (Musda) Partai Demokrat Kalsel untuk Ketua DPD tersebut dijadwalkan Maret 2017, sebagaimana amanah Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat 7 Februari lalu, dan kepanitian sudah siap, demikian Fikri.

Rusian itu sendiri selain mantan Ketua DPRD dan pernah Ketua DPC Kota Banjarmasin, juga seorang pengusaha terkenal, antara lain hampir semua sudut ibukota Kalsel yang berjuluk kota seribu sungai tersebut terdapat rumah dan toko (ruko) miliknya.

Pewarta: Syamsudin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017