Pusat Data Informasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (Pusdatin BPOM) RI mengunjungi Dinas Komunikasi Informatika Provinsi Kalimantan Selatan (Diskominfo Kalsel) guna membahas peningkatan kualitas pengamanan siber.

Kepala Bidang Persandian dan Keamanan Informasi Diskominfo Provinsi Kalsel Sucilianita Akbar dan Kepala Bidang Aplikasi dan Telematika Dadang Sugian Noor menerima kunjungan Ketua Keamanan TIK Pusdatin BPOM RI Wina Budiwardani di Banjarbaru, Jumat (25/10).

Baca juga: Provinsi Kalsel kategori Daerah Informatif pada 2024

Para staf Bidang Persandian dan Keamanan Informasi Diskominfo Provinsi Kalsel pun turut hadir bersama perwakilan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada pertemuan tersebut.

Ketua Keamanan TIK Pusdatin BPOM RI Wina Budiwardani mengatakan pihaknya bersama BSSN berinisiatif mengunjungi Diskominfo Provinsi Kalsel untuk membangun kolaborasi terutama pengamanan siber melalui Computer Security Incident Response Team (CSIRT).

“Tujuan awal berkunjung untuk membangun kolaborasi dengan pemerintah daerah terutama CSIRT Provinsi Kalsel,” kata Wina.

Baca juga: BMKG-Diskominfo Kalsel gelar sekolah iklim untuk edukasi masyarakat

Wina mengungkapkan BSSN merekomendasikan BPOM RI untuk berkunjung ke Kalsel yang mengelola CSIRT cukup baik.

Wina menyampaikan banyak hal yang didapat dari kunjungan ke Kalsel terkait pengelolaan CSRIT, antara lain pengelolaan tim yang melibatkan tim teknisi di unit pelaksana teknis daerah (UPTD).

“Ada hal baru yang bisa kita adopsi langsung yakni terkait keterlibatan rekan tim teknis di UPT BPOM,” ucap Wina.

Dari hasil kunjungan itu, Wina berencana mengajak kolaborasi seluruh rekan UPT di Badan POM dengan menggandeng sebagai agen keamanan informasi.

Baca juga: Diskominfo Kalsel perkenalkan media SIPU saat Kalsel Expo
 

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024