Penjabat (Pj) Bupati Tapin M Syarifuddin mengatakan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Reli Kalimantan Selatan (Kalsel) atau South Borneo Rally menjadi ajang menduniakan wisata lokal Kalimantan khususnya di Kabupaten Tapin.

“Ada puluhan pereli nasional dan lokal tampil selama tiga hari pada gelaran Kerjurnas reli edisi 2, tentu ini menjadi kesempatan wisata lokal dikunjungi para atlet yang sudah berpengalaman di tingkat nasional dan internasional,” kata M Syarifuddin di Rantau, Tapin, Senin.

Baca juga: Tapin siapkan lima lintasan menantang bagi pebalap Kejurnas Rally

Menurut dia, South Borneo Rally 2024 ini bukan sekadar kompetisi, juga peluang untuk mengenalkan keindahan alam dan budaya yang ada di kabupaten ini, khususnya beberapa destinasi wisata yang menjadi bagian kawasan Geopark Meratus di Tapin yang saat ini dalam proses penilaian UNESCO untuk diterima sebagai Global Geopark.

Melalui pelaksanaan kejurnas ini, Syarifuddin menuturkan bahwa Kabupaten Tapin telah membuktikan mampu menyelenggarakan perlombaan berskala nasional dan memperkuat posisi sebagai destinasi olahraga yang patut diperhitungkan di Indonesia.

“Kami berharap, pelaksanaan South Borneo Rally di tahun selanjutnya dapat semakin memajukan pariwisata di Tapin dan meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara,” ujar Syarifuddin.

Baca juga: Pemkab Tapin lestarikan permainan tradisional lewat festival olahraga

Pada gelaran South Borneo Rally 2024, pereli asal Kalsel Hero Rihans Variza bersama co-driver M Fahrezi Fadh merebut podium teratas dengan catatan waktu 01:29:17, pereli Kalsel menyelesaikan 12 special stage (SS), perpaduan sirkuit secara clockwise dan anti-clockwise, dimulai dengan tujuh SS pada putaran pertama dan dilanjutkan dengan lima SS pada putaran kedua dengan menempuh jarak total 241,57 kilometer.

Sementara itu, Panitia Pelaksana South Borneo Rally 2024 M Prayudha mengatakan Kejurnas Rally ini tidak hanya berdampak pada olahraga saja, tetapi juga memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian daerah.

Dia berharap kejuaraan ini membawa dampak positif yang luas bagi perekonomian masyarakat Kabupaten Tapin, baik dari segi pariwisata maupun sektor lainnya, khususnya di areal pelaksanaan kejuaraan.

“Kami ucapkan terima kasih atas kerjasama semua pihak, mulai dari pemerintah daerah, sponsor, dan masyarakat yang telah mendukung acara ini. Kami berharap acara ini menjadi kebanggaan bersama," ujar Prayudha.

Baca juga: South Borneo Rally 2024 sajikan 5 lintasan menantang bagi pereli nasional

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang/M Rastaferian Pasya

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024