Ketua DPRD Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Haji Akhmad Fahmi (HAF) mengapresiasi dan mengharapkan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2024 memotivasi untuk semua pihak melanjutkan perjuangan pahlawan pendahulu, termasuk dari kalangan santri.

"Termasuk di hari ini kita melihat semangat para santri kita di Kabupaten HSS untuk berhadir dalam upacara peringatan HSN, walau diguyur hujan tetap semangat mengikuti hingga selesai," kata HAF dalam keterangannya usai menghadiri peringatan HSN di kawasan Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan, Senin.

Baca juga: DPRD HSS rapat paripurna penyusunan tata tertib beracara

Dijelaskan HAF, sesuai tema dari Kementerian Agama "Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan," tentunya ini menjadi penegasan tanggung jawab bersama untuk meneruskan perjuangan dari pendahulu, tak terkecuali dari para santri dari berbagai pondok pesantren yang selama ini telah berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

Pembentukan karakter manusia Indonesia yang intelektual, sangat penting dibarengi dengan pembekalan dan pemahaman tentang keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, agar memiliki ilmu sebagai panduan dan keterampilan serta agama sebagai tuntunan hidup.

Baca juga: DPRD HSS setujui raperda penambahan modal PT Tirta Amandit Perseroda

"Adanya HSN juga bentuk pengakuan dari pemerintah kita tentang perjuangan para santri dalam berjuang merebut, mempertahankan serta mengisi kemerdekaan, dan perjuangan tersebut tidak terhenti dari satu generasi namun akan terus diwariskan dalam menjaga keutuhan NKRI," ungkapnya.

Tak lupa, dirinya juga mengucapkan selamat Hari Santri Nasional 2024 kepada semua santri, dan selamat bagi para penerima penghargaan dan hadiah dalam rangkaian HSN tingkat kabupaten supaya bisa berbuat lebih baik ke depannya, serta bagi yang belum beruntung agar terus belajar dan berlatih.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024