Balangan, (Antaranews Kalsel) - Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan (BLHK) Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, langsung melakukan pengambilan sample air yang berubah drastis menjadi putih kecoklatan di daerah aliran sungai batang balangan, Kamis (16/2).

Dikatakan Kepala BLHK Balangan, Karim Suadi, setelah dilakukan pemeriksaan kadar keasaman air (pH) sungai, hasilnya masih normal.

"Untuk kandungan zat kimia dalam aliran sungai Balangan memang masih diteliti lebih lanjut, secara fisik memang jelas terlihat keruhnya air tidak seperti warna umumnya, dan jelas perbedaannya dengan warna air lainnya yang belum terlewati," ujarnya.

Pihaknya lanjut Karim Suadi, melakukan pengujian di beberapa titik aliran sungai, mulai dari daerah paling atas, yaitu Kecamatan Halong hingga daerah paling hilir sungai, Kecamatan Lampihong.

Berdasarkan hasil sample air pada Kamis (16/2) ujar Karim, pH air ada pada angka 7, yang artinya dalam kondisi normal. Untuk pH yang memenuhi persyaratan itu di angka 6 hingga 9. 

"Kalau pH air dibawah 6 berarti asam, dan kalau diatas 9 berarti basa," jelasnya.

Pun begitu tambah Karim, pihaknya masih memerlukan uji laboratorium, untuk mengetahui kandungan lainnya pada air sample tersebut.

"Selain keasaman air, kita juga perlu mengetahui kandungan zat terlarut lainya seperti Fe, Zn dan lain sebagainya, sesuai aturan Baku Mutu Air (BMA)," ungkapnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017