Kotabaru (Antaranews Kalsel) - Kalangan DPRD Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, meminta pemerintah daerah setempat membangun jembatan penghubung antara Desa Teluk Tamiyang dan Desa Tanjung Kunyit, Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar.


Anggota Komisi I DPRD Kotabaru asal Daerah Pemilihan IV, Hj Norhaida, di Kotabaru, Selasa, mengatakan dua desa yang berpenghuni sekitar 2000 Kepala Keluarga (KK) itu, sudah lama mengharapkan dibangunnya jembatan penghubung di desa mereka.

"Meski jarak yang tidak terlalu jauh, namun kedua desa terpisah oleh selat sehingga harus menggunakan sarana transportasi kelotok (kapal tradisional) untuk berinteraksi," kata Norhaida.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang memang berasal dari daerah tersebut mengaku sangat prihatin atas kondisi yang dialami masyarakat, untuk itu ia bersama rekan di parlemen begitu semangat memperjuangkan adanya pemerataan pembangunan di daerah-daerah terpencil.

Dia menyadari, terbatasnya kemampuan keuangan daerah (APBD), menjadi salah satu faktor tertundanya penyediaan sarana prasarana di daerah-daerah, namun hal itu bukan menjadi alasan bagi pemerintah tidak memperhatikan rakyatnya.

Meski demikian, pihaknya mengapresiasi, walaupun perlahan, bertahap sejumlah sarana dan prasarana pembangunan fasilitas umum sudah didirikan, diantaranya sekolahan, tempat ibadah, pusat kesehatan desa dan Puskesmas.

Namun, lanjut Norhaida, ada fasilitas yang sangat mendesak diadakan dan ini menjadi harapan besar masyarakat tersebut, yakni pembangunan jembatan penghubung dua desa tersebut.

"Sebagai upaya memperjuangkan aspirasi tersebut, beberapa waktu lalu kami sudah pernah menyampaikannya kepada bupati, Alhamdulillah ada respon positif dan siap mengalokasikan anggaran," katanya.

Masih menurut Norhaida, bersamaan dengan peresmian Puskesmas Pratama di Daerah tersebut, Bupati Sayed Jafar yang dirangkai dengan gelar budaya, kepala daerah sangat terkesima dengan keindahan alam Teluk Tamiyang.

Oleh sebab itu, sangat logis jika bupati memasukkan skala prioritas pembangunan infrastruktur di Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar yang merupakan kecamatan pemekaran tersebut, karena sinergis dengan visi dan misi bupati menggalakkan obyek pariwisata.

Terlebih, daerah tersebut merupakan kawasan yang sangat besar potensi wisata bahari yang sangat menjanjikan jika digarap serius, karena eksotis alamnya yang tidak kalah dengan Bali dan Lombok

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017