Fakultas Teknik Prodi Rekayasa Geologi Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Melakukan Penanaman dan konservasi anggrek Lokal Geopark Meratus di Taman Engineering Techno Park Banjarbaru Kalimantan Selatan.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Pecinta Anggrek Indonesia (DPD PAI) Kalsel Philip Recardo Sugiwan melalui siaran pers di Batulicin Selasa mengatakan, anggrek dendrobium hybrid yang diberi nama Geologi FT ULM South Borneo adalah anggrek dendrobium jenis baru yang diserahkan oleh Ketua DPD PAI KALSEL Arinda Dian Susanti untuk Prodi Rekayasa Geologi .

Geologi FT ULM South Borneo kini menjadi Prodi pertama di Kalimantan yang memiliki nama anggrek dan dipatenkan secara internasional di Royal Horticultural Society London.

Dalam hal ini, DPD PAI Kalsel juga melibatkan Dekan Fakultas Teknik ULM Prof. Iphan Fitrian Radam, mahasiswa rekayasa geologi, Sektaris Prodi rekayasa geologi Rudy Hendrawan Noor serta dosen rekayasa Arica Nefia untuk mengembangkan anggrek spesies lokal di Lingkungan Fakultas Teknik Banjarbaru dan di geopark meratus.

Menurut Prof. Iphan Fitrian Radam, anggrek merupakan salah satu endemik Indonesia yang memiliki banyak keragaman yang tersebar luas di geopark meratus kalsel.

"Kami dari Fakultas Teknik ULM sangat mendukung dengan pengembangan dan konservasi anggrek untuk melastarikan anggrek anggrek geopark," tegas Iphan.

Dia menilai, anggrek juga memiliki adaptasi yang kuat dan dapat hidup dimana saja, sebagai pioneer kampus anggrek mari kita jaga dan lestarikan spesies anggrek local meratus ujar dekan fakultas teknik.

"Harapan kami, acara ini menjadi penyemangat bagi para mahasiswa rekayasa geologi untuk melestarikan dan juga merawat anggrek spesies lokal geopark meratus," pinta Iphan.

Iphan juga meminta, bunga anggrek yang terkenal sebagai bunga puspa Indonesia tidak hanya di kembangkan oleh prodi rekayasa geologi, namun prodi lain busa membawa nama ULM untuk menjadi kampus anggrek pertama di Pulau Kalimantan.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024