Lembaga survei Trust Indonesia menyatakan elektabilitas pasangan calon Hj. Lisa Halaby-Wartono dan M. Aditya Mufti Ariffin-Said Abdullah bersaing tipis menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banjarbaru 2024.

Direktur Riset Trust Indonesia Ahmad Fadhli di Banjarbaru, Senin, mengatakan tingkat keterpilihan atau elektabilitas pasangan Lisa-Wartono sebesar 48,1 persen dan pasangan Aditya-Said memperoleh 46,3 persen, sedangkan responden yang belum menentukan pilihan alias tidak tahu sekitar 5,7 persen.

Baca juga: Lisa Halaby terima hadiah sarung dari Ustaz Das'ad Latif

Berdasarkan survei tersebut, pemilih pasangan Hj. Lisa-Wartono didominasi para pemilih loyal (strong voters) atau lebih banyak ketimbang pasangan Aditya-Said.

Hal itu, ungkap dia, potensi perolehan suara pasangan Lisa-Wartono berpotensi lebih besar pada kemudian hari.

Strong voters pemilih Lisa-Wartono sebesar 41,0 persen juga lebih besar daripada Aditya-Said. Itu artinya tren perolehan suara Lisa-Wartono ke depan bisa bertambah atau lebih tinggi dari kondisi saat ini,” ucap Fadhli.

Fadhli pun menyebut dua isu yang saat ini menjadi perhatian masyarakat Banjarbaru, yakni dinasti politik dan figur bersih dari korupsi.

Baca juga: Pemkot Banjarbaru fokus wujudkan netralitas ASN di Pilkada

Merujuk survei Trust Indonesia, Fadhli menuturkan sebanyak 66,5 persen responden enggan memilih calon wali kota dan wakil wali kota yang terindikasi menjadi bagian dari dinasti politik.

Sementara sekitar 87,3 persen responden tidak akan memilih calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarbaru yang terindikasi pernah melakukan korupsi.

Diketahui, survei Trust Indonesia berlangsung selama 24-26 September 2024 di seluruh kecamatan se-Kota Banjarbaru menggunakan metode multistage sampling dan tingkat kesalahan (margin of error) sebesar 1,99 persen, survei melibatkan 2.400 responden.

Tak ayal, tingkat kepercayaan survei ini diyakini berada pada level 95 persen atau memiliki akurasi yang sangat tinggi.

Baca juga: Pjs Sekda Banjarbaru kawal ASN wajib netral pada Pilkada 2024

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024