Ribuan santri Taman Kanak-kanak dan Taman Pendidikan Anak (TK/TPA) Al-Quran mengikuti wisuda akbar yang diselenggarakan Badan Komunikasi Pemuda Masjid Indonesia (BKPRMI) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
 
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina yang menghadiri langsung wisuda akbar ke-36 tersebut di Siring Balaikota Banjarmasin, Sabtu, menyampaikan bangga dengan keberhasilan sebanyak 137 TK/TPA Al-Quran mendidik ribuan generasi cinta Al-Quran.

Baca juga: Banjarmasin "produksi" 600 ton sampah per hari
 
Ibnu Sina dan istri yang pada kegiatan itu didapuk sebagai Bapak dan Ibu Pelopor Generasi Qurani menyampaikan, komitmen pemerintahannya mendukung kesejahteraan ustadz-ustadzah.
 
Dia pun menyampaikan, dengan peran guru-guru Al-Quran ini para generasi di kota ini tidak ada yang buta baca tulis huruf Al-Quran.
 
Ibnu Sina mengapresiasi kiprah BKPRMI Banjarmasin yang selama 35 tahun telah berkontribusi utamanya dari aspek pembinaan serta pendidikan Al-Quran di Kota Banjarmasin.
 
Sebab, menurut dia, tahun demi tahun Kota Banjarmasin di bawah kepemimpinannya sejak periode pertama dengan menggandeng stakeholder terkait terus berupaya melakukan terobosan dan program yang dapat mensejahterakan para tenaga pendidik Al-Quran.
 
"Seperti adanya hibah insentif bagi ustadz-ustadzah kita yang jumlahnya hampir 2.400 orang, termasuk marbot masjid, dari awalnya Rp150 ribu per bulan kini sudah di angka Rp600 ribu per bulan honor mereka terima, tertinggi se,-Kalsel," katanya.

Baca juga: Banjarmasin matangkan perencanaan pengadaan tanah lahan
 
Ibnu Sina berpesan kepada para wisudawan agar senantiasa meningkatkan nilai bacaan dan hafalan Al-Quran sebagai bekal mereka untuk meraih keberkahan serta prestasi yang lebih baik lagi.
 
"Mudah-mudahan, BKPRMI tidak jemu dan tidak henti hentinya melahirkan qori-qoriah dan hafidz-hafidzah dari Kota Banjarmasin sebagai lumbung qari-qariah Kalimantan Selatan yang berprestasi," ujarnya.
 
Wisuda Akbar kali ini diharapkan menjadi momen yang tepat untuk mendorong dan menginspirasi generasi muda sejak dini agar mendalami ajaran Islam serta menjadikan Al-Quran sebagai landasan dalam kehidupan.
 
Kegiatan wisuda akbar ini juga dihadiri Ketua DPW BKPRMI Kalsel H Fahrurazzi, Ketua DPW BKPRMI Banjarmasin H M Mahali dan pejabat di lingkungan Pemkot Banjarmasin.

Baca juga: Wali Kota Banjarmasin klaim inflasi terendah di Kalimantan
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024