Tim bola voli putra Kalimantan Selatan (Kalsel) berhasil mencetak sejarah dengan menyabet juara 3 di ajang 
Kapolri Cup 2024, pada kejuaraan voli antar-polda yang diselenggarakan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) bekerja sama dengan Kepolisian RI.

"Saya rasa ini prestasi yang sangat luar biasa diukir Kalsel, tentu ini hasil perjuangan keras semuanya baik para pemain, pelatih, official dan semua pihak yang membantu tim bisa melangkah sejauh ini," kata Manajer Tim Bola Voli Kalsel Kombes Pol Robertho Pardede kepada ANTARA, Sabtu.

Di partai perebutan juara ketiga yang berlangsung di GOR A. Yani Terpadu, Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (11/10) malam, Kalsel menumbangkan tim unggulan DKI Jakarta dengan skor 3-1.

Kalsel dengan pelatih Udi Hermanto mengawali dominasinya dengan unggul set pertama 25-13.

Meskipun DKI Jakarta sempat merebut set kedua dengan skor 25-16, namun Kalsel langsung bangkit di set ketiga 25-18 dan menyudahi perlawanan tim ibukota pada set keempat 25-20.
Tim bola voli putra Kalsel juara tiga Kapolri Cup 2024. (ANTARA/HO-Ditlantas Polda Kalsel)



Sejatinya tim putra Kalsel tidak diunggulkan pada ajang Kapolri Cup sebagaimana tahun-tahun sebelumnya hanya meramaikan sampai babak penyisihan.

Seperti perjalanan tahun lalu hanya sampai babak penyisihan zona 5 regional Kalimantan dan tidak lolos ke babak selanjutnya.

Berkekuatan hanya pemain muda U20 seperti Mohammad Fahril sebagai setter dan Hayyun muhammad serta Sekti Wibowo serta ditopang pemain senior Gunawan Saputra, tim putra Kalsel nyatanya mampu membuat kejutan besar tahun ini.

Meski tidak ada pemain bintang sekelas timnas dan bintang Proliga, namun kekompakan tim yang dimanajeri oleh Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel dan pelatih Ody Hermanto dapat membawa Kalsel meraih juara 3 di event Kapolri cup 2024.

Sejarah lebih besar bisa saja tercipta jika Kalsel mampu melewati hadangan tim putra Jawa Timur yang lebih perkasa di babak semifinal dengan sejumlah pemain bintangnya seperti Rivan Nurmulki. 

Kalsel harus mengakui keunggulan Jatim dengan skor 1-3 dan pupuslah harapan menembus partai final.

Pada partai final Sabtu hari ini, Jatim berhadapan dengan Jawa Barat setelah tim Jabar menyudahi perlawanan DKI Jakarta di semifinal.
Tim bola voli putra Kalsel saat bertanding melawan DKI Jakarta di perebutan tempat ketiga. (ANTARA/HO-Ditlantas Polda Kalsel)


Sejalan dengan prestasi tim putra, tim putri Kalsel juga bisa memberikan kejutan besar hingga menembus semifinal dan menempati juara keempat turnamen nasional bergengsi untuk bola voli di Indonesia itu.

Tim putri Kalsel harus mengakui kehebatan tim putri Jatim di semifinal yang diperkuat bintang timnas Yolla Yuliana dengan skor dimenangkan Jatim 3-0.

Jatim bakal bentrok dengan Kalbar di final Kapolri Cup 2024 pada Sabtu hari ini.

Pada perebutan tempat ketiga, tim putri Kalsel dikalahkan tim putri Sulawesi Tengah (Sulteng) dengan skor 3-0.

Pardede menyebut prestasi tim putri Kalsel di bawah komando pelatih Wem Parman juga layak diapresiasi tinggi mengingat hanya dihuni mayoritas pemain muda seperti dua punggawa timnas junior Junaida Santi dan Maradanti serta pemain dari jebolan TNI AD.

"Prestasi ini semoga membuat pembinaan voli di Kalsel dapat berkembang pesat dan muncul atlet berbakat baik putra dan putri yang mampu mengharumkan Banua kita tercinta," ucap Dirlantas Polda Kalsel yang mengaku telah melaporkan hasil terbaik ini kepada Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto.

Turnamen tahunan memperebutkan Piala Kapolri ini dijadwalkan ditutup langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Sabtu seusai laga final putra antara Jatim dan Jabar. Sebelum final putra akan dilangsungkan final putri antara tuan rumah Kalbar dan Jatim.
Tim bola voli putri Kalsel saat bertanding melawan Sulawesi Tengah di perebutan tempat ketiga. (ANTARA/HO-Ditlantas Polda Kalsel)

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024