Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Selatan (KPU Kalsel) mencetak sebanyak 3.121.168 surat suara untuk Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 melalui perusahaan yang ditunjuk melakukan pencetakan logistik pemilihan.

"Proses pencetakan rencananya dilaksanakan 17 Oktober dan dikirim 22 Oktober 2024," kata Ketua KPU Kalsel Andi Tenri Sompa di Banjarmasin, Rabu.

Adapun perusahaan yang melaksanakan pencetakan surat suara, yakni PT Macanan Jaya Cemerlang di Klaten, Jawa Tengah selaku penyedia.

Tenri bersama tim telah melakukan monitoring ke perusahaan guna memastikan semua prosesnya berjalan sesuai aturan, transparan dan akuntabel.

Turut mendamping tim Bawaslu Kalsel sebagai langkah pengawasan melekat dan Polda Kalsel untuk pengamanan selama proses monitoring.

Tenri menjelaskan jumlah surat suara yang dicetak sesuai daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pilkada 2024 sebanyak 3.041.499 pemilih.

Kemudian ditambah 2,5 persen dari jumlah DPT di setiap tempat pemungutan suara (TPS) sebagai cadangan dengan pembulatan ke atas yaitu 79.669 lembar.

Adapun jumlah kebutuhan untuk penyelenggaraan pemungutan suara ulang (PSU) pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalsel sebanyak 2.000 lembar surat suara.

Diketahui pertarungan Pilgub Kalsel tahun ini diramaikan dua pasangan calon yakni  Muhidin dan Hasnuryadi dengan nomor urut 1 dan pasangan Raudhatul Jannah dan Akhmad Rozanie nomor urut 2 untuk dipilih rakyat pemilik hak suara saat pencoblosan 27 November 2024.

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024