Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan (Kemenkumham Kalsel) berupaya mempercepat pembentukan Kantor Imigrasi Balangan agar segera diresmikan dengan menjalin koordinasi intensif bersama Direktorat Jenderal Imigrasi.

"Kami baru saja bertemu Sekretaris Direktorat Jenderal Imigrasi menyampaikan kesiapan peresmian Kantor Imigrasi Balangan," kata Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Kalsel Jumadi di Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: Kementerian ATR/BPN terima penghargaan dari Kemenkum HAM

Dalam laporannya ke Sekretaris Dirjen Imigrasi, Jumadi menyampaikan Kantor Imigrasi Balangan yang merupakan hibah dari Pemerintah Kabupaten Balangan telah siap beroperasi penuh.

Pihaknya pun melihat antusiasme masyarakat Kalimantan Selatan, khususnya dalam mengurus paspor, sangat tinggi. 

Dengan adanya Kantor Imigrasi Balangan, diharapkan pelayanan keimigrasian dapat semakin mudah diakses khususnya bagi masyarakat di wilayah utara Kalimantan Selatan.

Kepala Divisi Keimigrasian Junita Sitorus menambahkan bahwa Kalsel merupakan salah satu provinsi dengan jumlah pengajuan paspor terbanyak di Indonesia, terutama untuk tujuan ibadah haji dan umrah. 

Oleh karena itu, perlu adanya penambahan layanan keimigrasian di berbagai daerah, dimana saat ini kantor imigrasi hanya ada di Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Bumbu.

Junita juga menyampaikan usulan untuk pembangunan Immigration Lounge di salah satu mall terbesar di Kalimantan Selatan yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus paspor, terutama di akhir pekan.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Direktur Jenderal Imigrasi Sandy Andaryadi menyambut positif rencana peresmian Kantor Imigrasi Balangan. 

Dia menyampaikan kesiapannya untuk memberikan dukungan penuh, termasuk memberikan penghargaan kepada Bupati Balangan atas hibah yang telah diberikan.

Baca juga: Kriminal dan hukum kemarin, mulai dari BPHN Kemenkumham harumkan Indonesia hingga terdakwa sabu tidak terbukti

“Kami juga akan mempertimbangkan usulan untuk penempatan CPNS baru di Kantor Imigrasi Balangan,” katanya.
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Kalsel Jumadi saat bertemu Kepala Biro Perencanaan, Ida Asep Somara. (ANTARA/Firman)

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024