Balangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, mendukung program Revolusi Hijau, yang merupakan program penghijauan yang dilaksanakan oleh Komite Peduli Lingkungan Hidup (KPLH) setempat.


Dikatakan Bupati Balangan, H Ansharuddin, pemerintah setempat akan mendukung dan memfasilitasi kegiatan tersebut, untuk menanam dan memelihara pohon dengan sistem pembagian area.

"Saya akan instruksikan kepada Sekretaris Daerah secara khusus dan kepada para Kepala SKPD, untuk menanam dan memelihara pohon dengan sistem pembagian area di Bumi Sanggam," ujarnya.

Nantinya, setiap area yang sudah ditanami pohon akan diberi prasasti/papan nama instansi yang bertanggung jawab di area tersebut dengan tanaman yang berkayu atau berdiameter besar.

"Setiap SKPD agar selalu berkoordinasi dengan KPLH setempat tentang jenis tanaman, tata cara penanaman dan pemeliharaan di areanya masing-masing, dan bila ada tanaman yang mati, maka harus cepat diganti, agar kelangsungan tanaman terus terjaga dan hasilnya dapat dinikmati generasi mendatang," imbaunya.

Sebelumnya, Jumat (3/2) Bupati H Ansharuddin bersama pejabat dan kepala SKPD dan petugas PKLH setempat melakukan penanaman pohon di area jalan Komplek Mesjid Al Akbar, Islamic Centre Kabupaten Balangan, meliputi 55 buah pohon pucuk merah dan 135 batang pohon trambesi serta 50 pohon batang tanjung.

Kemudian dilakukan juga pembagian 850 bibit tanjung, trambesi dan pucuk merah yang akan didistribusikan ke SKPD lingkup Pemkab Balangan.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017