Batulicin (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mengucurkan dana melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017 sebesar Rp24,2 untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.


Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, H. Damrah, di Batulicin, Selasa, mengatakan alokasi dana APBD tersebut direncanakan untuk merenovasi dan menambah ruang perawatan empat Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang berada di wilayah "Bumi Bersujud".

"Kebijakan ini merupakan bentuk komitmen Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming dalam periode kedua kepemimpinannya untuk terus meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan," katanya.

Ia mengatakan, empat Puskesmas yang akan direnovasi dan ditambah ruang perawatan diantaranya Puskesmas Pagatan Kecamatan Kusan Hilir, dengan anggaran biaya sekitar sepuluh miliar, dan Puskesmas Satui Kecamatan Satui dengan anggaran biaya sekitar Rp7 miliar.

Sedangkan untuk Puskesmas Sebamban 1 Kecamatan Sungai Loban, dengan biaya anggaran mencapai Rp5,5 miliar dan Puskesmas Darul Ashar Kecamatan Simpang Empat, dengan rencana anggaran Rp1,7 miliar.

Selain mendapat alokasi dana dari APBD II bidang kesehatan juga mendapat alokasi dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dengan besaran dana mencapai sekitar Rp900 juta.

Besaran dana alokasi dari anggaran APBN tersebut direncanakan untuk pembangunan gudang farmasi.

"Dengan direnovasi dan ditambah ruang perawatan di empat Puskesmas yang ada, kedepannya diharapkan akan dapat lebih meningkatkan baik dari segi pelayanan maupun kesehatan, khususnya pada masyarakat yang tinggal di wilayah Puskesmas," tuturnya.

Sebelumnya pada periode 2016 pemerintah daerah Tanbu juga melakukan renovasi dan penambahan ruang perawatan dua Puskesmas. Dua Puskesmas tersebut adalah Puskesmas Lasung dan Puskesmas Teluk Kepayang.

Dalam renovasi Puskesmas Lasung menggunakan dana APBN Pusat dengan total dana yang digunakan sekitar Rp1,6 miliar, sedangkan untuk penambahan pembangunan ruang perawatan Puskesmas Teluk Kepayang, menggunakan dana APBD II Kabupaten Tanah Bumbu, total dananya Rp1 miliar.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017