Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) meraih penghargaan predikat A terkait Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) RI.

Menteri PAN-RB RI Abdullah Azwar Anas menyerahkan penghargaan kelima berturut-turut bagi Kalsel tersebut kepada Kepala Biro Organisasi Provinsi Kalsel Galuh Tantri Narindra yang mewakili Gubernur Sahbirin Noor pada SAKIP Award 2024 di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Pemkab HSS dampingi "SAKIP" tingkatkan mutu layanan publik

"Alhamdulillah, kita sangat bersyukur atas capaian penghargaan yang diberikan Kemenpan RB, terutama SAKIP 2024 ini yang merupakan predikat yang kelima kali diterima Kalsel," kata Galuh saat dikonfirmasi di Banjarmasin, Rabu.

SAKIP Award sebagai bentuk menguatkan sinergi, mewujudkan akuntabilitas untuk Indonesia Maju yang merupakan bagian akhir dari serangkaian proses evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah pada pemerintah daerah.

Galuh menuturkan, predikat A dari KemenPAN-RB merupakan kerja keras dan sinergi dari seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Provinsi Kalsel dan komitmen dari pimpinan untuk menunjukkan kinerja terbaik terkait tata kelola pemerintahan.

Baca juga: KemenPAN RB beri arahan upaya terget "A" SAKIP Pemkot Banjarmasin

Selain Kalsel, KemenPAN-RB RI memberikan penghargaan SAKIP kepada Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jakarta dengan predikat memuaskan.

Galuh menambahkan masyarakat Kalsel mendapatkan kebanggaan karena tidak semua pemerintah daerah di Indonesia mendapatkan predikat A atau memuaskan dari pemerintah pusat.

"Penghargaan ini merupakan penghargaan paling bergengsi tentang tata kelola pemerintahan," ungkap Galuh.

Baca juga: Bappelitbangda HSS gelar penyelarasan dokumen perencanaan daerah
 

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024