Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Endri mengharapkan peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi momentum, untuk memperkuat pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Hal ini disampaikan Endri, saat bertindak sebagai inspektur upacara, sementara Camat Padang Batung, Ahmad Busairi sebagai komandan upacara, dan Ketua DPRD HSS Haji Ahmad Fahmi membacakan ikrar Hari Kesaktian Pancasila.

"Kita berharap agar momentum ini dapat memperkuat pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila, khususnya di kalangan generasi muda," kata Endri dalam keterangan kepada awak media, mengutip pers rilis Diskominfo HSS, di Kandangan, Rabu.

Baca juga: Pemkab HSS siapkan pengumuman seleksi pengadaan 1.051 formasi PPPK 2024

Selain itu, agar melalui peringatan ini, generasi muda dapat lebih memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman hidup, yang merupakan bekal penting menuju Indonesia Emas 2045.

Endri juga menekankan pentingnya menanamkan semangat perjuangan dan kepahlawanan, yang dicontohkan oleh para pahlawan dalam peristiwa G30S/PKI.

"Nilai-nilai Pancasila harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, terutama oleh generasi muda yang akan menjadi generasi emas di masa depan," tambahnya.

Baca juga: Pj Bupati HSS sampaikan raperda APBD tahun anggaran 2025

Peringatan dilaksanakan Pemkab HSS melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan HSS, mengusung tema "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas".

Kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Kesaktian Pancasila, yang diperingati setiap tahun pada tanggal 1 Oktober.

Turut hadir dalam peringatan, berbagai unsur pemerintah daerah, alim ulama, forkopimda, tokoh masyarakat, serta pelajar dan mahasiswa yang turut meramaikan apel.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024