Wakil Ketua Sementara DPRD Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan H Harry Wijaya menyerukan semua pendukung pasangan calon (Paslon) wali kota-wakil wali kota berkampanye tanpa konflik.
 
"Jaga kedamaian buat kampanye yang adem, jangan saling serang, sampaikan visi dan misi setiap calon dengan baik," tutur Harry di Banjarmasin, Minggu.

Baca juga: KPU Banjarmasin targetkan partisipasi pemilih capai 90 persen
 
Karena pada kampanye yang sudah dimulai sejak 25 September 2024 tersebut, menurut Harry, adu gagasan untuk kemajuan Kota Banjarmasin yang sudah berusia 498 tahun ini.
 
Jangan sampai, lanjut Harry, kampanye politik ini dibuat seakan menyerang hal pribadi, apalagi sampai bermuatan SARA hingga melanggar ketentuan.
 
"Kita bersama harus menjaga moral berpolitik dan bertarung di Pilkada ini," tutur Harry.
 
Harry juga meminta pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) intensif mengawasi penyelenggaraan kampanye paslon untuk mencegah pelanggaran.

Baca juga: Pasangan calon kepala daerah Banjarmasin terima nomor urut
 
Karena masa kampanye Pilkada ini cukup panjang pada 25 September hingga 23 November 2024.
 
Harry menuturkan semua elemen masyarakat harus menyukseskan pesta demokrasi dengan baik agar hasil pilkada sesuai keinginan masyarakat Kota Banjarmasin.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin Rusnailah mengupayakan tingkat partisipasi pemilih mencapai 90 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 485.145 orang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Rusnailah menyebutkan KPU Banjarmasin gencar menyosialisasikan Pilkada untuk meningkatkan partisipasi pemilih, termasuk acara Fun Walk yang diselenggarakan di kawasan Taman Siring, Nol Kilometer Banjarmasin, Minggu.

Diketahui, Pilkada Banjarmasin 2024 diikuti tiga pasangan calon berdasarkan nomor urut, yakni Arifin Noor-Supian Akbari, Muhammad Yamin-Ananda, dan Mukhyar-Awan Subarkah.

Baca juga: BPJAMSOSTEK : siap lindungi petugas di Pilkada

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024