Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan menciptakan sebuah inovasi Kumpulan Data Kependudukan dan Giat Linmas (KUDAPANMAS) untuk memperkuat sinergi antara masyarakat dan satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas).

“Inovasi ini kita buat karena melihat saat ini belum optimalnya penanganan pengaduan masyarakat dan kurangnya sinergi antara tokoh masyarakat dan tokoh agama,” kata Kasi Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan Paringin Muhammad Abidin di Balangan, Sabtu.

Baca juga: Penipu berkedok umrah diringkus di Balangan

Abidin melanjutkan, dan belum optimalnya fasilitasi kegiatan peningkatan kapasitas Linmas dan belum optimalnya pemanfaatan teknologi informasi sebagai sarana pelaporan data kependudukan dan giat dari Linmas.

Abidin juga menjelaskan latarbelakang dari inovasi yaitu kurang bersinerginya antara masyarakat dengan Linmas dalam menjaga ketentraman dan ketertiban di wilayah Kecamatan Paringin.

Selain itu belum optimalnya fasilitasi kegiatan peningkatan kapasitas Linmas, belum optimalnya pemanfaatan teknologi informasi sebagai sarana pelaporan data kependudukan dan giat Linmas.

Baca juga: Adaro Aksara Terang sasar pelajar di Balangan

Abidin menegaskan kondisi tersebut menyebabkan rawannya suasana ketentraman dan ketertiban lingkungan dan dapat berdampak pada meningkatnya kriminalitas seperti pencurian dan lain-lain.

“Sehingga digagaslah Inovasi Kudapanmas yang mensinergikan antara masyarakat dan linmas melibatkan segenap unsur masyarakat, para tokoh masyarakat dan pemuda bersinergi dalam menjaga ketentraman dan ketertiban lingkungan bersama,” tegasnya.

Adapun rangkaian kegiatan Kudapanmas di antaranya membentuk tim aksi perubahan, dimaksudkan agar pelaksanaan aksi perubahan berjalan sesuai dengan tahapan yang direncanakan dan menghasilkan output sebagaimana yang ditargetkan.

Baca juga: Legislator apresiasi Adaro Spectapreneur Balangan 2024

Kemudian koordinasi lintas sektor untuk menjalin komunikasi efektif dan saling bertukar informasi terkait keadaan ketentraman dan ketertiban lingkungan di kecamatan setempat, dan mendiskusikan upaya yang dapat dilakukan agar kondisi ketentraman dan ketertiban masyarakat tetap terjaga.

Selanjutnya sosialisasi tugas dan fungsi Linmas di masyarakat, menghasilkan kesepakatan bersama yang langsung dideklarasikan secara serentak oleh Linmas se-Kecamatan Paringin.

“Hingga melakukan evaluasi dan pelaporan hasil implementasi aksi perubahan antara lain setelah dibuatkan surat edaran bersama tentang ketentraman dan ketertiban serta terjalinnya sinergi antara masyarakat dan Linmas,” terangnya.

Abidin bersyukur berkat aksi perubahan ini, Kelurahan Paringin Kota berhasil meraih juara dua pada lomba Satkamling tingkat Provinsi yang dilaksanakan pada bulan September 2024 ini.

Baca juga: Ketua DPRD Balangan: Kegiatan orientasi sangat penting untuk diikuti

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024