Balangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, menaikkan insentif para Kepala Desa di delapan kecamatan, dari Rp1,5 juta, menjadi dua juta rupiah perbulan.

Dikatakan Bupati Balangan, H Ansharuddin pada saat pertemuan Forum Persatuan Kepala Desa (Perkades) se Kabupaten Balangan, Kamis (2/2) di Kecamatan Juai, selain Kepala Desa, jajaran aparatur desa hingga Ketua RT juga mendapat kenaikan.

"Bukan hanya insentif Kepala Desa, namun kita juga menaikkan insentif aparatur desa. Bahkan Ketua RT juga mendapat insentif sebesr Rp400 ribu per bulan," sampainya.

Selain itu, H Ansharuddin juga berencana untuk menarik para Sekretaris Desa (Sekdes) yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) yang masih ada di desa-desa.

"Kita rencananya akan menarik para Sekdes yang berstatus ASN atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang masih di desa-desa, karena kalau masih disana, kasihan pangkatnya ga naik-naik, dan akan kita tempatkan di kantor kecamatan, kelurahan dan kalau perlu di dinas," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Balangan juga memprogramkan, bahwa agar setiap Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) turut menjadi pembina desa.

"Kita sudah rencanakan bahwa masing-masing Kepala SKPD untuk menjadi pembina desa, untuk menyerap aspirasi, silaturahmi, kemudian bisa memajukan desa binaannya, paling tidak dalam sebulan bisa melakukan pertemuan 2 - 3 kali dengan warga," papar Anshar.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017