Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Endri melepas santri dan mahasiswa penerima beasiswa untuk diberangkatkan melanjutkan studi di Timur Tengah, pelepasan berlangsung di Aula Ramu Sekretariat Daerah, Kandangan.

Para santri dan mahasiswa tersebut akan menempuh pendidikan di dua universitas ternama, yakni Universitas Al-Ahgaff Hadhramaut, Yaman, dan Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

Rincian yang diberangkatkan terdiri dari sembilan orang akan melanjutkan studi ke Universitas Hadhramaut, Yaman, sementara enam orang lainnya ke Universitas Al-Azhar, di Kairo, Mesir.

"Kita perlu mengingat pentingnya pendidikan sebagai bekal masa depan. Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina", itu mengingatkan kita bahwa menuntut ilmu harus dilakukan sejauh dan seberat apa pun perjalanan yang ditempuh," kata pj bupati mengutip pers rilis Diskominfo HSS, Jumat.

Baca juga: Pj Bupati HSS berikan dukungan penuh program kerja MUI Padang Batung

Menurut dia, dengan ilmu, seseorang akan memiliki wawasan luas dan menjadi pribadi yang bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat.

Dirinya sangat berbangga dengan para santri yang telah mendapatkan kesempatan luar biasa ini untuk melanjutkan pendidikan ke Mesir dan Yaman.

"Manfaatkan kesempatan kalan ini sebaik-baiknya untuk belajar, memperluas wawasan, dan mendapatkan pengalaman baru. Di sana, bergaul dan berinteraksi dalam hal-hal yang positif," pesannya.

Ia juga mengingatkan para mahasiswa untuk menjaga keseimbangan antara ilmu dan pengalaman, karena keduanya sangat penting untuk kehidupan di masa depan.

Pj bupati menambahkan bahwa motivasi terbesar dalam menuntut ilmu adalah untuk membanggakan orang tua dan masyarakat HSS.

Baca juga: Polres HSS-MUI dan Jasa Raharja tingkatkan kesadaran tertib berlalu lintas

"Setelah kalian selesai menempuh pendidikan dan kembali ke tanah air, sebarkan ilmu yang kalian dapatkan selama belajar di sana demi kemajuan bersama," tutupnya dalam sambutan.

Diketahui, program beasiswa ini merupakan hasil dari dana hibah Pemkab HSS yang dikelola oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) HSS.

Sebelum menerima beasiswa, para mahasiswa telah melalui proses seleksi ketat oleh panitia dari MUI dan Baznas HSS, memastikan mereka memenuhi semua persyaratan akademis dan kualifikasi lainnya.

Acara pelepasan ini turut dihadiri Sekretaris Daerah HSS Muhammad Noor, Anggota DPRD Komisi 1, Ketua MUI HSS, sejumlah pimpinan OPD terkait, serta para orang tua dan wali dari penerima beasiswa.

Baca juga: Pemkab HSS gelar silaturrahmi dan lepas JCH berstatus ASN

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024