Komando Distrik Militer (Kodim) 1002/Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) gelar kegiatan komunikasi sosial (komsos) untuk memperkuat dan meningkatkan kewaspadaan generasi muda dari ancaman radikalisme dan separatisme.

Komandan Kodim 1002/HST Letkol Inf Fery Perbawa di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Rabu, mengatakan kegiatan komsos tersebut mengangkat tema “Membendung Radikalisme dan Separatisme Melalui Penguatan Karakter Generasi Muda Bangsa”.

Baca juga: Kodim HST ingatkan paslon tak kampanye di lingkungan militer

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat khususnya generasi muda terhadap bahaya radikalisme dan separatisme. Karena itu, penguatan karakter ini penting sebagai benteng pertahanan terhadap ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

Menurut dia, generasi muda adalah aset bangsa sehingga harus dibekali nilai-nilai Pancasila dan karakter yang kuat, dengan harapan mereka dapat menjadi generasi penerus yang tangguh dan menolak segala bentuk radikalisme.

“Kami memberikan berbagai materi yang relevan, seperti pemahaman tentang Pancasila, wawasan kebangsaan, bahaya radikalisme dan separatisme, serta cara-cara menangkal. Kemudian dilanjutkan diskusi interaktif untuk membuka ruang tanya jawab bagi peserta,” ucapnya.

Baca juga: TMMD 121 - Kodim HSS garap jalan penghubung HSS dan HST

Melalui kegiatan ini, Fery berharap dapat memperkuat sinergi antara TNI dan masyarakat dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sementara itu, salah satu peserta komsos, Muhammad Fikri mengatakan kegiatan komsos bertema tentang cara menangkal radikalisme ini sangat penting bagi kalangan muda di daerah.

“Kegiatan ini bagus, kami bisa mendapatkan pemahaman tentang cara menangkal radikalisme dan separatisme, sehingga kami mengerti dan tidak mudah terpengaruh dengan adanya kegiatan negatif yang bisa mengancam keutuhan bangsa,” ujar Fikri.

Kegiatan komsos ini diikuti 60 lebih peserta, mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, serta seluruh Komandan Koramil dan staf jajaran Kodim 1002/HST.

Baca juga: DPRD HSS: TMMD ke-121 buka jalan penghubung perbatasan HSS-HST

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024