Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan, Jumadi, menghadiri Pelatihan Dasar Kemiliteran Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat Gelombang II 2024, Senin (23/9) di Lapangan Upacara Rindam VI/Mulawarman, Banjarbaru.

Acara ini dihadiri sejumlah pejabat penting, termasuk Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Kalsel, Ketua DPRD Provinsi Kalsel, Pangdam VI/Mulawarman, serta perwakilan dari berbagai institusi pemerintahan dan keamanan.

Baca juga: Banjarbaru Penitentiary harvests 2.5 quintals melon cultivated by inmates

Upacara dimulai dengan defile pasukan Komcad Gelombang II 2024 yang menampilkan semangat dan kesiapan peserta pelatihan.

 Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo, yang memimpin upacara dengan penuh khidmat. Usai defile, Inspektur Upacara melakukan pemeriksaan pasukan sebagai tanda bahwa seluruh peserta telah siap mengikuti pelatihan.

Dalam sambutannya, Pangdam VI/Mulawarman menekankan pentingnya pelatihan ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan kemampuan serta keterampilan peserta untuk mendukung pertahanan negara.

 Secara resmi, ia membuka Pelatihan Dasar Kemiliteran Komcad Matra Darat Gelombang II TA 2024, diiringi penyematan tanda siswa kepada peserta sebagai simbol bahwa mereka telah resmi menjadi bagian dari program ini.

Jumadi, dalam kesempatan tersebut, mengapresiasi penyelenggaraan acara ini dan menyebutnya sebagai momen yang penting, tidak hanya untuk memperkuat pertahanan negara, tetapi juga sebagai ajang silaturahmi antar Kepala Instansi Penegak Hukum (APH) di Kalimantan Selatan. 

"Kami sangat mengapresiasi pelaksanaan Pelatihan Komponen Cadangan ini. Selain mendukung pertahanan nasional, acara ini juga menjadi ajang silaturahmi yang baik antar instansi, mempererat koordinasi dan kerja sama antar lembaga, terutama dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kalimantan Selatan," ungkap Jumadi.

Dalam amanatnya, Inspektur Upacara mengingatkan seluruh peserta akan tanggung jawab besar yang diemban, serta pentingnya menyerap seluruh ilmu yang diberikan selama pelatihan. Ia juga menekankan pentingnya disiplin, kerja sama, dan semangat juang yang harus dipegang teguh oleh setiap peserta.

Upacara diakhiri dengan menyanyikan Mars Komponen Cadangan yang menambah semangat seluruh hadirin. Setelah itu, peserta pelatihan menampilkan yel-yel penuh semangat, menunjukkan kekompakan mereka sebagai tanda kesiapan menghadapi rangkaian pelatihan ke depan.

Baca juga: Kakanwil Kemenkumham Kalsel dilantik sebagai Majelis Pengawas Wilayah Notaris

 Pelatihan ini diharapkan dapat membentuk peserta menjadi komponen cadangan yang handal dalam menjaga kedaulatan negara.
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan, Jumadi, turut menghadiri Upacara Pembukaan Pelatihan Dasar Kemiliteran Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat. (ANTARA/Firman)

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024