Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menetapkan nomor urut pasangan calon kepala daerah yang bakal bertarung pada Pilkada serentak 2024.
 
KPU Kota Banjarmasin menggelar rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota setempat pada Pilkada serentak 2024 di Gedung Chandra Banjarmasin Barat, Senin.

Baca juga: KPU Banjarmasin tetapkan DPT Pilkada 2024 sebanyak 485.145 pemilih
 
Menurut Ketua KPU Kota Banjarmasin Rusnailah pada acara tersebut, ditetapkan untuk nomor urut 1 didapatkan pasangan calon H Arifin Noor dan M Supian Akbari yang diusung PDI Perjuangan, Partai Demokrat, Partai Golkar, PAN dan PKN. 
 
Kemudian nomor urut 2 didapatkan pasangan calon H Muhammad Yamin HR dan Hj Ananda yang diusung Partai Gerindra, PPP, Nasdem, Gelora, Perindo, PSI, Hanura dan Partai Buruh.
 
Sedangkan nomor urut 3 didapatkan pasangan calon H Mukhyar dan H Awan Subarkah yang diusung PKS, PKB dan Partai Ummat. 
 
Pengundian nomor urut pasangan calon kepala daerah ini diawali dengan pengambilan nomor antrean yang dilaksanakan calon wakil wali kota masing-masing.

Baca juga: KPU Banjarmasin terima 1.940 kotak suara Pilkada 2024
 
Selanjutnya, untuk pengambilan tabung nomor urut dilakukan bersama pasangan calon wali kota dan wakil wali kota, dipilih langsung calon wali kota yang diawali pasangan Arifin-Supian yang hasilnya mendapatkan nomor urut 1.
 
Kemudian dilanjutkan pasangan Yamin-Nanda yang hasilnya mendapatkan nomor urut 2 dan dilanjutkan pasangan Mukhyar-Awan yang hasilnya mendapatkan nomor 3.
 
Setelah rapat pleno terbuka tersebut ditutup, dilanjutkan deklarasi kampanye damai yang diikuti semua pasangan calon dan partai politik pendukungnya.
 
Kemudian, semua pasangan calon dan ketua partai politik melakukan penandatanganan atas deklarasi tersebut.

Baca juga: 50 balon kepala daerah selesai periksa kesehatan di RSUD Ulin

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024