Sekitar seratusan mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dibekali program wirausaha dalam Pekan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang bertujuan untuk mendorong potensi dan kemampuan berwirausaha sejak di bangku perkuliahan. 

"Pelaksanaan bimbingan teknis kewirausahaan ini hanya diikuti mahasiswa dan mahasiswi yang benar-benar serius ingin menjalankan bisnis," kata Kepala Bagian Kemahasiswaan ULM Evy Noor Aina Hasni di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu.

Baca juga: ULM kembangkan layanan arsip digital di Desa Kalibaru HST

Adapun narasumber memberikan materi penting terkait kewirausahaan dan bagaimana peran digital dalam menjalankan wirausaha di media sosial yakni Andi Riza Syafarani dan Nur Al-Amirullah. 

Selain itu, diberikan pula pembekalan tentang manajemen usaha, pemasaran, keuangan, dan administrasi.

Bimtek kewirausahaan ini diharapkan dapat memberikan penguatan dan motivasi kepada mahasiswa agar tekun dalam berwirausaha. 

Evy mengungkapkan sebelumnya mahasiswa diajak untuk mengajukan proposal bisnis yang kemudian diseleksi dan diberikan pendanaan berdasarkan kelayakan dan potensi bisnis tersebut.

PMW hadir sebagai jawaban atas tantangan dunia kerja yang semakin kompetitif, di mana lulusan perguruan tinggi tidak hanya diharapkan menjadi tenaga kerja, tetapi juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Sejalan dengan peran perguruan tinggi dalam mencetak lulusan yang mandiri, inovatif, dan kreatif, PMW menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan ide-ide bisnis yang potensial. 

Baca juga: Adaro disburses IDR11.26 billion scholarship for 100 ULM students in 2024

"ULM berkomitmen menghilangkan ketergantungan lulusan pada lapangan pekerjaan yang terbatas, serta memberikan kontribusi langsung terhadap perekonomian masyarakat melalui usaha-usaha kreatif dan inovatif yang mahasiswa dan alumni kembangkan," jelasnya.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024