Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan (Kemenkumham Kalsel) menggelar Perkemahan Jumat-Sabtu-Minggu (Perjusami) Pramuka UPT Pemasyarakatan se-Banjar Raya yang digelar di Lapas Kelas IIA Banjarbaru.

"Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari diikuti 80 orang yang merupakan warga binaan Pemasyarakatan," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Jumadi di Banjarbaru, Jumat.

Baca juga: Lapas Banjarbaru panen 2,5 kuintal melon hasil warga binaan

Jumadi menyampaikan Perjusami bukan hanya sebuah kegiatan rutin, tetapi menjadi langkah awal penting untuk membentuk karakter para warga binaan dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila. 

Dia menyebut pramuka sebagai sarana kuat dalam membentuk karakter warga binaan.

Perjusami tahun 2024 ini dirancang dengan berbagai kegiatan menarik, mulai materi Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K), Latihan Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB), hingga perlombaan battle yel-yel dan pentas seni. 

Jumadi berharap kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi para warga binaan untuk belajar disiplin, kebersamaan, serta menguatkan nilai-nilai kebangsaan. 

"Kami berharap setiap individu warga binaan di sini dapat memahami pentingnya nilai-nilai kebangsaan dan disiplin," tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Jumadi juga mengapresiasi partisipasi 80 peserta yang terdiri dari berbagai UPT Pemasyarakatan. 

Masing-masing UPT mengirimkan perwakilan, seperti Lapas Kelas IIB Banjarbaru, Lapas Kelas IIA Banjarmasin, Rutan Kelas IIB Marabahan, Rutan Kelas IIB Pelaihari, LPKA Kelas I Martapura, LPP Kelas IIA Martapura, dan LPKN Kelas IIA Karang Intan. 

Baca juga: Kemenkumham Kalsel selesaikan proses deportasi WN Algeria

Kehadiran para peserta menunjukkan komitmen untuk terus mendukung proses pembinaan dan rehabilitasi bagi warga binaan.
Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Jumadi menyematkan tanda peserta Perjusami Pramuka UPT Pemasyarakatan di Lapas Banjarbaru. (ANTARA/Firman)


Kegiatan Perjusami dibuka secara resmi dengan harapan dari Kakanwil Kemenkumham Kalsel agar seluruh peserta dapat mengikuti rangkaian acara dengan penuh semangat dan disiplin. 

"Mari kita manfaatkan momen ini untuk belajar, berbagi pengalaman, dan mengembangkan diri. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat yang besar dan menjadi langkah awal menuju masa depan yang lebih baik," pungkasnya, seraya membuka secara resmi Perjusami 2024.

Turut berhadir pada kegiatan ini Kepala Divisi Administrasi, Candrafriandi Achmad, Kepala Divisi Pemasyarakatan Said Mahdar, para Kepala UPT Pemasyarakatan se-Banjar Raya dan Ketua Kwartir Cabang Banjarbaru, Dedy Sutoyo.
Upacara Pembukaan Perjusami Pramuka UPT Pemasyarakatan di Lapas Banjarbaru, Jumat (20/9/2024). (ANTARA/Firman)

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024