Balangan, (Antaranews Kalsel) - Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Balangan, mengharapkan pengusaha/perusahaan, pemerintah daerah dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) lebih kooperatif dalam memberikan informasi berkaitan operasional alat berat serta sistem keamanannya.

Dikatakan Kepala Satuan Intel Polres Balangan, AKP Irawan, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan para pengusaha, pemerintah setempat dan Dinas Pekerjaan Umum, Rabu (25/1) di ruang Mediasi Patria Tama Polres Balangan, untuk membentuk stabilitas keamanan, khususnya di lingkup perusahaan, terkait pencurian kontrol panel alat berat.

Menurut Irawan, modus yang didapatkan oleh Polres Balangan bahwa pelaku sangat rapi dalam melakukan aksinya, bahkan pelaku tidak perlu merusak pintu atau alat itu sendiri saat mengambil kontrol panel tersebut, dari beberapa faktor ini, Penyidik Polres Balangan menyimpulkan bahwa kurangnya pengamanan khusus terhadap alat tersebut yang selama ini hanya di jaga oleh Wakar atau karyawan tanpa dilengkapi alat serta ketrampilan khusus.

"Polres Balangan selalu siap membantu apabila dari pihak pengusaha membutuhkan pengamanan baik siang maupun malam hari untuk menghindari permasalahan pencurian," sampainya.

Sementara itu, Kasat Reskrim AKP Dany Sulistiono, juga mengharap kepada para perusahaan yang mengalami pencurian/kehilangan, segera melaporkan kejadian tersebut kepada aparat.

"Kita akan sesegera mungkin dapat melakukan identifikasi dan olah TKP. Perusahaan yang melaporkan kejadian pencurian, serta melampirkan Faktur pembelian barang, No seri serta Nota pembelian barang sehingga memudahkan pihak kepolisian melakukan penyelidikan dikemudian hari," jelasnya.

Untuk diketahui, apabila ada penyewaan alat berat Dinas Pekerjaan Umum dengan pihak kontraktor, segala sesuatu kerusakan maupun kehilangan barang merupakan tanggung jawab pihak penyewa.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017