Sekretaris Daerah Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, Ambo Sakka mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara di "Bumi Bersujud" agar tetap netral, atau tidak memihak kepada salah satu pasangan calon pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

"Adapun upaya ajakan agara para ASN tetap netral, pemerintah daerah telah mengikuti  rapat koordinasi nasional (Rakoornas) kesiapan kepala daerah menjaga netralitas ASN," kata Ambo Sakka di Batulicin Selasa.

Baca juga: Pasangan Lisa-Wartono wujudkan Banjarbaru bersosial dan berbudaya

Pemerintah daerah menyambut baik dengan di gelarnya rapat koordinasi nasional. Pemerintah daerah juga mendukung pelaksanaan pemilihan kepala daerah agar berjalan dengan baik dan sukses.

Dalam rakor tersebut juga dihadirkan beberapa pihak seperti KPU, Bawaslu, Aparat Kemanan, BIN, MUI, dan lainnya.

Untuk mendukung pelaksanaan Pilkada 2024, pemerintah daerah telah menyalurkan dana hibah Pilkada serentak tahun 2024 kepada penyelenggara Pilkada Serentak dan pihak terkait lainnya.

Tentunya, dukungan pemerintah daerah tersebut agar pelaksanaan Pilkada serentak di Bumi Bersujud dapat berjalan dengan lancar.

Sedangkan terkait netralitas, ia mengatakan pihaknya akan terus mensosialisasikan dan mengingatkan agar ASN bersikap netral.

"Dalam beberapa kesempatan terus kita sosialisasikan. Agar ASN dapayt menjaga netralitasnya," ujarnya.

Adapun Rakoornas kali kali ini dalam rangka menghadapi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.

Sehingga Bawaslu RI mengajak Bupati dan Walikota/Pj Bupati dan Walikota Kabupaten/Kota se-Indonesia. Untuk bersama-sama berperan aktif menjaga netralitas ASN agar kualitas demokrasi menjadi lebih baik pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024.

Sementara itu, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja dalam sambutannya sekaligus membuka Rakornas berharap seluruh Bawaslu Provinsi, Kabupaten, dan Kota agar segera melakukan koordinasi langsung dengan pejabat pembina kepegawaian di seluruh Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepala Kepala Daerah atas kerjasamanya selama ini. Dengan harapan dapat bersama-sama menjaga netralitas ASN agar aparatur negara tersebut melakukan fungsi pelayanan publiknya. Tidak terganggu oleh tahapan pendaftaran, kampanye, dan pemungutan serta penghitungan suara.

Baca juga: KPU RI: 41 daerah di Indonesia hadapi kotak kosong pada Pilkada 2024

"Ini yang kami harapkan. Kita terus berkoordinasi dan sosialisasikan bersama-sama. Semoga pemilihan kepala daerah dapat kita lakukan dengan baik," ujarnya.

Rakoornas di akhiri dengan pengucapan deklarasi Kepala Daerah, menjaga netralitas ASN pada Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Pewarta: Tim Redaksi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024