Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina menjadi Guest Speaker pada Seminar Nasional Temu Edukasi Mahasiswa Indonesia (TEMA) 2024 yang digelar Himpunan Mahasiswa Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

Seminar nasional tersebut mengangkat tema "Membangun Jembatan antara Tradisi dan Transformasi" bertempat di Lecture Theater FEB ULM, Kamis.

Baca juga: Ibnu Sinalepas Gelar Semarak Jalan SantaiJalin Keakraban Antar SKPD,

Di hadapan puluhan mahasiswa Teknologi Pendidikan ULM, Ibnu Sina menjelaskan arah kebijakan dan upaya yang selama ini dilakukan Pemkot Banjarmasin untuk menunjang kesejahteraan pada sektor pendidikan.

"Ini merupakan tindak lanjut kita bersama Dinas Pendidikan kota Banjarmasin berkaitan dengan pendampingan peningkatan literasi dan numerasi," ujar Ibnu.

Lanjut, kata Ibnu, berbagai terobosan dan program untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kota Banjarmasin yang selama ini telah dilaksanakan dengan standar pembelajaran, apalagi menunjang implementasi Kurikulum Merdeka Belajar itu cukup dirasakan manfaat.

"Bagaimana guru honorer kita yang gajinya Rp250 ribu sekarang sudah di atas Rp1 juta, terbitnya guru penggerak, lalu peningkatan kapasitas guru tenaga pendidik kita," ucap Ibnu.

Baca juga: Warga Gang Karya Mufakat Banjarmasin swadaya perbaiki jalan rusak

Ibnu menuturkan guru Bahasa Inggris dikirim untuk mengikuti diklat khusus di Cambridge University Inggris, guna mengimplementasikan di seluruh SMP se-Kota Banjarmasin pada program sekolah berbahasa Inggris.

Tak ayal, Ibnu Sina menekankan hal tersebut merupakan bagian dari investasi pendidikan ke depan, terlebih menghadapi bonus demografi.

"Investasi kita kepada guru dan pendidikan itu penting, tujuannya jelas agar memastikan SDM kita terutama dalam menghadapi bonus demografi itu siap untuk situasi yang paling buruk," ungkap dia.

Baca juga: Ibnu Sina Lepas Kontingen PAM Bandarmasih Menuju PORPAMNAS VIII di Makassar

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024