Puluhan pelajar tingkat Sekolah menengah di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, mengikuti sosialisasi dan edukasi kebencanaan yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

"Sebanyak 56 peserta yang mengikuti asal sekolah SMP Negeri 1 Angsana, Kecamatan Angsana," kata Kepala Pelaksana BPBD Tanah Bumbu Sulhadi di Batulicin Rabu.

Baca juga: BPBD Tanah Bumbu telusuri dampak gempa dangkal di Kotabaru

Sulhadi mengatakan, mereka yang hadir dan menjadi peserta adalah perwakilan kelas VII, VIII dan IX dan gurun pendamping.

Kegiatan ini penting dilakukan untuk memberikan komunikasi, informasi dan edukasi kebencanaan kepada para siswa dengan harapan materi kebencanaan dalam pendidikan dapatvterintegrasi sehingga siswa dapat berperan dalam membangun pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk mempersiapkan dan mengatasi benana.

Sementara itu, Plt Kepala Sekolah SMPN 1 Angsana Eko Wahyuningsih menyambut baik dengan kegiatan sosialisasi edukasi kebencanaan. 

Melalui kegiatan ini, tentunya dapat menambah pengetahuan kebencanaan kepada para siswa, keluarga ataupun masyarakat sekitar.

"Kepada para siswa agar memperhatikan baik-baik materi yang di berikan agar nantinya bisa berbagi dengan teman-teman lainnya," pesannya.

Sementara itu, dalam kegiatan ini, BPBD berkolaborasi dengan PT Borneo Indobara melalui divisi Emergency Response Team (ERT).

Kegiatan mengangkat tema "Go To School Penanggulangan Bencana".

Baca juga: Empat kecamatan di Tanbu berpotensi hujan sedang hingga sore hari

Selain memberikan materi sistem dan manajemen penanggulangan bencana, Tim ERT juga memberikan praktek pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan.

"Semoga dengan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para siswa. Serta menerapkan pembelajaran ini kepada masyarakat ataupun keluarga", ucap  Ahmad Zaini Afrizal selaku divisi ERT.

Kolaborasi ini, lanjutnya, di harapkan akan terus berjalan guna menambah kesadaran dan pengetahuan kebencanaan kepada masyarakat melalui usia dini.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024