Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin terus menjaga pertahanan perairan Kalimantan Selatan dan  Kalimantan Tengah (Kalsel-teng) untuk mengawal kondusifitas Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

"Kami punya Pos TNI AL (Posal) tersebar di perairan Kalsel dan perairan Kalteng yang senantiasa disiagakan personel menyokong keamanan pertahanan untuk IKN," kata Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Didik Kusyanto, M.Tr. Hanla di Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: Kolonel Laut (P) Didik Kusyanto jabat Komandan Lanal Banjarmasin

Didik menyebut peringatan HUT Ke-79 TNI Angkatan Laut tahun 2024 mengangkat tema "Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI AL Siap Mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju" menjadi momentum jajarannya mempersiapkan diri mengawal IKN.

Dia menyatakan adanya Nusantara baru jadi semangat tersendiri untuk membangun kekuatan TNI Angkatan Laut baik itu profesionalisme prajurit maupun alutsistanya, sehingga mampu mengamankan wilayah kedaulatan NKRI.

"Terkhusus bagi Lanal Banjarmasin punya tanggung jawab menjaga kedaulatan di perairan Kalimantan, tempat dimana IKN Nusantara berada," tegasnya.

Danlanal pun menekankan pentingnya sinergi dengan semua unsur aparat pemerintah dalam menjaga wilayah perairan.

Kemudian peningkatan pembinaan masyarakat maritim dan warga yang tinggal di pesisir laut dan sungai dalam upaya menciptakan situasi yang aman.

Baca juga: Bupati Kotabaru hadiri lomba dayung Hut Lanal ke-27 Tahun 2024
 
Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Didik Kusyanto, M.Tr. Hanla memimpin upacara HUT Ke-79 TNI Angkatan Laut tahun 2024. (ANTARA/Firman)


Danlanal Banjarmasin memimpin upacara peringatan HUT Ke-79 TNI Angkatan Laut tahun 2024 hari ini di Mako Lanal Banjarmasin diikuti prajurit TNI-Polri, siswa Akademi Maritim Nusantara, Saka Bahari Lanal Banjarmasin, para PPAL Rayon Banjarmasin dan Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII Daerah Jalasenastri Armada II.

Dalam amanat Panglima TNI Jendral TNI Agus Subianto yang dibacakan oleh Danlanal disampaikan bahwa rakyat dan bangsa Indonesia bangga memiliki Angkatan Laut yang profesional dan modern sebagai penjaga kedaulatan bangsa dan keutuhan wilayah NKRI serta pelindung bangsa dari segala ancaman dan gangguan khususnya di wilayah laut Indonesia. 

Panglima berharap profesionalisme TNI AL dapat selalu dijaga dan ditingkatkan dalam menghadapi berbagai tantangan global dan nasional, seperti pelanggaran wilayah kedaulatan laut, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman siber, dan ancaman biologi, termasuk juga ancaman bencana alam.

Berkaitan tahun politik menuju Pilkada 2024, Panglima mengingatkan kembali kepada segenap prajurit TNI Angkatan Laut untuk menjaga komitmen netralitas TNI.  

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024