Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan pada Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan Mubarak memperkirakan hanya satu pasangan calon yang bakal maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Sejak dibuka pendaftaran calon bupati dan wakil bupati pada Kamis (29/8) hingga saat ini hanya ada satu pasangan calon yang mendaftarkan diri," kata Mubarak di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu Rabu.

Baca juga: KPU tunggu pasangan calon bupati Tanah Bumbu hingga 4 September

Dia mengatakan KPU memperpanjang masa pendaftaran calon bupati dan wakil bupati hingga Rabu ini pukul 24.00 Wita, jika tidak ada pasangan calon yang mendaftar, maka KPU segera melanjutkan tahapan pilkada sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Mubarak menuturkan tidak menutup pasangan yang telah mendaftar Andi Rudi Latief-H Bahsanudin bakal melawan kotak kosong.

Secara teknis, Mubarak menjelaskan KPU akan menampilkan foto pasangan calon bupati dan wakil bupati yang telah mendaftar dan kotak foto kosong.

Meski satu pasang calon, Mubarak mengimbau masyarakat yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) agar dapat menggunakan hak suara pada Pilkada Tanah Bumbu, 27 November 2024.

Baca juga: KPU Tanah Bumbu tunggu pasangan calon lain daftar hingga 1 September

"Jangan sampai muncul paradigma di tengah masyarakat bahwa kalau hanya ada satu pasangan calon pasti dimenangkan satu pasangan tersebut sehingga berpotensi menurunkan partisipasi masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya," ucap Mubarak.

Diketahui, pasangan calon Andi Rudi Latief-H. Bahsanudin (ARB) yang diusung enam partai politik pengusung dan dua partai pendukung, telah mendaftarkan diri ke KPU Tanah Bumbu.

Partai pengusung pasangan ARB, yakni PKB, Gerindra, PDI Perjuangan, NasDem, PKS, dan PAN,, serta dua partai pendukung dari Partai Golkar dan Demokrat.

Baca juga: KPU Tanah Bumbu serukan masyarakat proaktif guna hak pilih

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024