Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Kalimantan Selatan (Kalsel) berupaya menerapkan pangan yang bergizi, seimbang, dan aman bagi masyarakat khususnya ibu hamil melalui festival pangan lokal.

“Festival pangan lokal ini kiranya dapat menumbuhkan kreativitas dan inovasi dalam membuat pangan yang menarik serta memiliki cita rasa yang tinggi,” kata Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Tapin Masrupah di Rantau, Tapin, Jumat.

Dia meminta festival pangan lokal ini dapat terus ditingkatkan dan menjadi contoh bagi organisasi pemerintah lainnya dalam menggali dan mengenalkan potensi kabupaten khususnya pangan.

“Saya mengajak satukan semua potensi dan sumberdaya yang memiliki keserasian dalam meningkatkan kualitas konsumsi pangan yang bergizi menjadi prioritas dan tidak boleh kita abaikan,” ucapnya.

Sebai upaya membudayakan pangan bergizi, Pemkab Tapin menggelar lomba B2SA pangan lokal tingkat kabupaten dengan peserta melibatkan ibu hamil yang diikuti sebanyak 12 kecamatan, dengan tema “Gerakan makan enak, makan sehat, makan B2SA, enak, suka sayur dan buah".

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tapin Aji Budiono mengatakan tujuan festival pangan lokal sebagai upaya penganekaragaman pangan melalui penyediaan pilihan pangan yang beragam dengan pengembangan sumber daya lokal.

Dia berharap festival pangan lokal ini mampu menumbuhkan minat masyarakat untuk mengolah potensi bahan pangan lokal menjadi pangan yang sehat dan aman dengan komposisi seimbang.

“Festival pangan lokal diikuti 12 Tim Penggerak PKK Kecamatan se Kabupaten Tapin, dimasak untuk ibu hamil sehingga mendapatkan gizi yang cukup,” ujar Aji.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024