Sebanyak 35 orang anggota DPRD Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan terpilih hasil Pemilu Februari 2024 mengucapkan sumpah atau janji sebagai wakil rakyat "Bumi Saijaan" Kotabaru masa bakti 2024-2029.

"Kita akan menyaksikan dan mengikuti proses pengucapan sumpah/janji 35 orang Calon Anggota DPRD Kabupaten Kotabaru, hasil Pemilu 2024, yang pelaksanaannya akan dipandu Ketua Pengadilan Negeri Kotabaru," kata Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis saat memimpin Rapat Paripurna yang bersifat Istimewa dengan Acara Peresmian, Pengangkatan dan Pengucapan Sumpah/ Janji Anggota DPRD Kabupaten Kotabaru Masa Jabatan tahun 2024-2029 di Kotabaru, Senin.

Baca juga: Ketua DPRD: Bukan hal mudah penuhi seluruh harapan masyarakat Kotabaru

Sebanyak 35 orang anggota DPRD terpilih itu periode 2024-2029 terdiri dari sebanyak 18 orang anggota DP{RD lama, dan sebanyak 17 orang anggota DPRD baru.

Mereka adalah enam orang kader PAN, yakni, M Lutfi, H Abidin Daeng Mappuji, Abu Suwandi, Rahmad, Awaluddin, dan Suntoro. Enam kader PDIP, yakni, Suwanti, Gewsima Mega Putra, Abdul Malik, Jerry Lumenta, Mukhlis Rivai, dan Agus Subejo. 

Empat kader Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindera) yakni, H Rustam Effendi, Junaidi, Sandri Alfandi dan Nosriyono.

Empat kader Golkar, yakni, Ruspiyandi, Chairil Anwar, Bahrul Ilmi, dan Sahrani. Tiga kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yakni, Suriyah, Hj Noorhaida, dan HM Suhartono.

Dua Kader Partai Nasdem yakni, Hj Alfisah, dan Zaini. Dua Kader Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yakni, Suriyah dan Nurtaibah. Dua Kaderr Partai Bulan Bintang (PBB) yakni, Mustaqim dan Amaliah. Dua Partai Demokrat yakni, Hj Syarifah Jamilah dan Hasanuddin.

Dua kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yakni, H Abdul Kadir dan Harmono, serta Dua Partai Keadilan Sejahtera yakni, Hj Rosidah dan Abdul Basir.  

Dalam kesempatan tersebut, Syairi Mukhli mengemukakan, izinkan atas nama Pimpinan beserta seluruh anggota DPRD Kabupaten Kotabaru mengucapkan selamat kepada Anggota DPRD Hasil Pemilu 2024, yang nantinya akan diresmikan Pengangkatannya dengan mengucapkan Sumpah / Janjinya, semoga kesuksesan selalu menyertai dalam mengemban tugas negara dan amanah dari rakyat yang dibebankan kepada saudara-saudara. 

Baca juga: DPRD Kotabaru Periode 2019-2024 hasilkan 79 Perda

"Lanjutkan harapan yang kuat untuk menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan di Bumi Sa’ijaan yang tercinta ini," tuturnya.

Dengan penyerahan pimpinan rapat kepada Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Kotabaru masa jabatan 2024-2029 yang ditandai dengan penyerahan palu rapat pada acara pokok nanti, maka secara resmi kami, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Kotabaru Masa Jabatan 2019–2024 berakhir masa keanggotaannya.

"Telah menjadi hukum alam bahwa jika ada pertemuan pasti akan ada perpisahan, di moment ini kita paham betul bahwa hari ini momentum berat yang mau tak mau harus kita lalui," tuturnya.

Pada pagi menjelang siang ini, dengan penuh rasa sedih campur haru, kami atas nama Pimpinan selama ini memimpin rapat-rapat baik Intern dewan maupun bersama-sama Eksekutif, menerima aspirasi baik LSM, buruh pabrik yang perusahaan berinvestasi di Kabupaten Kotabaru.

Terkadang kami juga menerima masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya dan kesempatan pada saat ini kami sekali mohon dimaafkan karena kami juga manusia biasa masih banyak kekurangan dalam memimpin lembaga yang terhormat ini.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar, mengucapkan selamat kepada 35 orang anggota DPRD Kotabaru yang baru saja mengucapkan janji dan sumpah.

Sayed Jafar mengajak anggota dewan yang baru saja dilantik untuk berama sama berinergi untuk membangun Kotabaru lebih baik.

"Semangat tinggi sudah ditunjukkan oleh Ketua DPRD yang baru Suwanti," demikian Sayed Jafar.

Baca juga: Ketua DPRD Kotabaru 2019-2024 Syairi Muklis undur diri

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024