Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan Kementerian Pertanian (Kementan) RI menyosialisasikan program nasional membangun lahan pangan (Food Estate) di akses Jalan dan Dermaga Distrik Ilwayab, Merauke, Provinsi Papua Selatan.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima di Banjarmasin, Kamis, program sosialisasi tersebut diikuti 30 orang di Kampung Uli-Uli Distrik Ilwayab Papua Selatan pada Rabu.

Baca juga: Cetak sawah satu juta hektare di Merauke guna buka lapangan kerja

Dansatgas BKO Ketahanan Pangan Kementan RI Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani didampingi Sekjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan RI Hermanto menjelaskan pemerintah menjalankan program nasional cetak sawah satu juta hektare di Merauke.

Rizal mengungkapkan Kabupaten Merauke memiliki dataran yang luas, rendah dan datar serta memiliki tanah yang subur.

“Maka dari itu Kabupaten Merauke khususnya Distrik Ilwayab akan kita bangun Lahan Persawahan khususnya Lahan Padi,” ungkap Rizal.

Rizal menambahkan pemerintah harus membangun jalan dan dermaga untuk akses alat berat.

Baca juga: 38 unit alat berat milik Jhonlin tiba di Papua

“Pembangunan jalan bukan hanya untuk akses masuk alat berat tapi untuk masyarakat agar mempermudah untuk berpergian menuju kampung atau distrik sebelah,” ucap Rizal.

Perwira tinggi TNI jenderal bintang dua itu menggambarkan luas lahan pertanian yang akan dibangun sebesar satu juta hektare hingga Distrik Ngguti.

“Jadi untuk pembangunan jalan juga akan sampai pada Distrik Ngguti. Tentu ini akan bermanfaat untuk masyarakat, jalan akan lebih bagus, bahkan menghubungkan empat distrik” ucap Rizal.

Rizal mengharapkan kehadiran proyek nasional ini mendapat dukungan dari masyarakat dan adat untuk memperlancar pekerjaan sehingga dapat segera dinikmati kemakmuran bagi masyarakat Uli-Uli.

Baca juga: Jhonlin Grup kembali datangkan 264 Excavator untuk projects cetak sawah di Papua
 
Dansatgas BKO Ketahanan Pangan Kementan RI Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani didampingi Sekjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan RI Hermanto menyosialisasikan cetak sawah satu juta hektare di Merauke, Papua Selatan, Rabu (14/8/2024). (ANTARA/HO-Jhonlin Group)

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024