Badan Pengawas Pemilihan Umum Kalimantan Selatan (Bawaslu Kalsel) mengoptimalkan pengawasan pada tahapan pencalonan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang dijadwalkan 24 Agustus-22 September 2024. 

"Kami telah melaksanakan rapat konsolidasi pimpinan Bawaslu se-kabupaten dan kota di Kalsel dalam upaya optimalisasi pengawasan menyongsong tahap pencalonan," kata Ketua Bawaslu Kalsel Aries Mardiono di Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: Bawaslu Kalsel bekali panwascam selesaikan sengketa pilkada

Aries menekankan koordinasi dan sinergi hubungan baik antara jajaran pimpinan dan sekretariat Bawaslu sangat penting untuk kesuksesan pilkada.

Berkaitan tahapan pencalonan, menurut  dia, maka harus diawasi secara teliti guna memastikan telah memenuhi syarat atau tidak sebagai calon peserta pilkada.

Ditegaskan Aries, semua calon harus memenuhi syarat yang telah ditentukan dan norma peraturan yang berlaku.

Baca juga: Bawaslu Kalsel berikan penghargaan kepada sentra Gakkumdu Balangan

"Jika tidak memenuhi syarat atau tidak sesuai maka ada saran perbaikan yang bisa diberikan sesuai batas waktunya," jelasnya.

Aries menyatakan ketegasan penegakan aturan ketika tahap pendaftaran calon sangatlah krusial untuk menjamin integritas seorang calon pemimpin daerah yang dipilih rakyat.

Oleh karena itu, dia mengingatkan para bakal calon yang mendaftar agar benar-benar telah mempersiapkan diri dengan segala persyaratan sesuai aturan pilkada tahun ini.

Baca juga: Bawaslu Kalsel pantau coklit jaga hak pilih pada Pilkada 2024

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024