DPRD Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua I DPRD Kartoyo dengan agenda pandangan umum fraksi atas rancangan peraturan daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2024.

Dalam rapat paripurna yang dihadiri Sekretaris Daerah HSS Muhammad Noor tersebut,  seluruh perwakilan fraksi  menyampaikan pendapat akhirnya atas raperda, dan dapat menerima dan menyetujui serta menyepakati raperda APBD-P Tahun Anggaran 2024.

"Kami dari  Fraksi PKS berharap APBD sepenuhnya untuk membiayai program pelayanan rakyat melalui penyediaan infrastruktur, ekonomi, dan sosial," kata Juru bicara (Jubir) Fraksi PKS M Bustani di Kandangan, Senin.

Baca juga: Setwan bakal gelar pelantikan anggota DPRD HSS 2024-2029 pada 13 Agustus 2024

Selain itu, Fraksi PKS juga menanyakan bagaimana upaya pemerintah daerah dalam menghadapi lonjakan harga pangan, serta pengentasan kemiskinan dan pengangguran.

Jubir Golkar Muhlis Ridhani mengatakan, Fraksi Golkar mengapresiasi Raperda APBD-P tahun 2024 untuk dilanjutkan pembahasannya, dan berharap agar raperda APBD-P tahun 2024 dapat dilanjutkan pembahasannya.

Kemudian, Jubir PKB M Yurni berharap Raperda APBD-P tahun 2024 agar memperhatikan masyarakat tidak mampu, serta mensejahterakan perekonomian.

“Juga untuk bisa menyediakan lebih banyak lapangan kerja, demi menunjang kesejahteraan masyarakat kita,” harapnya.

Jubir PDI Perjuangan Muhazerrahman, berharap penyusunan perubahan APBD tahun anggaran 2024 ini tetap perlu dilakukan penataan prioritas program yang benar-benar mendesak, dalam rangka penyelarasan anggaran yang sepadan dengan keuangan daerah.

“Dengan adanya pergeseran anggaran dan lain sebagainya, kita semua ingin APBD-P tahun 2024 ini akan bermanfaat seluas-luasnya bagi kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Baca juga: DPRD-Pemkab HSS setujui Perubahan KUA-PPAS 2025

Jubir Nasdem Andryan Lesmana, mengatakan perubahan anggaran adalah suatu keharusan, ini tidak lain adalah agar pembangunan bisa berjalan sesuai yang diharapkan.

“Kami dari Fraksi Nasdem mendukung penyesuaian perubahan APBD tahun anggaran 2024, ini untuk kemudian dilanjutkan pembahasannya,” ungkapnya.

Terakhir, dari Jubir Gerindra-PAN, Ryan Dermawan, mengatakan Fraksi Jubir Gerindra-PAN sangat memahami dan maklum atas pelaksanaan perubahan yang sesuai peraturan.

“Kami dari Fraksi Gerindra-PAN menyambut baik raperda APBD-P tahun 2024 ini, juga untuk dilanjutkan ke agenda pembahasan selanjutnya,” ujarnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024