Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) meraih penghargaan sebagai kabupaten tercepat se-Kalsel penyaluran dana desa (DD) dan dana insentif fiskal Tahun Anggaran 2024.

Penghargaan diterima Sekretaris Daerah (Sekda) HSS H Muhammad Noor yang diserahkan oleh Kepala KPPN Barabai Sulaiman di Aula Sehati BPKPD HSS, Kandangan.

Penyerahan penghargaan ini dirangkai Penandatanganan Berita Acara Rekonsiliasi (BAR) pajak-pajak pusat 2020 sampai dengan semester 1 2024 oleh Diah Ekaluvitasari (BPKPD HSS), Sulaiman (KPPN Barabai), dan Abdul Jabbar Setiawan (KPP Pratama Barabai).

Baca juga: Pemkab HSS raih penghargaan proklim terbaik tingkat nasional

"Atas nama jajaran Pemkab HSS, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Dirjend Perbendaharaan Kalsel, terutama KPPN Barabai dan KPP Pratama Barabai sehingga acara penandatanganan BAR ini dapat terlaksana dengan lancar," kata Sekda dalam sambutannya di Kandangan, Senin.

Dijelaskan dia, sebagaimana diketahui BAR ini merupakan syarat dalam penyaluran dana bagi hasil yang sangat penting, untuk membantu peningkatan jumlah penerimaan daerah dan menopang belanja daerah.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh perangkat daerah mengampu dana desa, dana alokasi khusus dan dana insentif fiskal yang telah bekerja keras, mengantarkan Kabupaten HSS menjadi daerah yang tercepat se-Kalsel dalam penyaluran.

"Kami pemerintah daerah tentunya akan terus berkomitmen mendukung langkah-langkah untuk kelancaran proses penyelesaian BAR, agar nantinya tidak membawa dampak bagi penerimaan bagi hasil daerah," ungkapnya.

Hal ini seperti pengenaan sanksi bagi perangkat daerah yang tidak melaksanakan kewajiban dalam penyampaian kertas-kerja, ataupun dalam hal pelaporan pajak.

Baca juga: Pemkab HSS raih penghargaan UHC Award 2024 kategori utama

Selain itu, pihaknya berharap kepada dinas terkait terutama para kepala dinas maupun pejabat penatausahaan keuangan, untuk tidak bosan-bosannya meningkatkan pelaksanaan ataupun pengelolaan keuangan pada dinasnya masing-masing agar melaksanakan dan menyelesaikan tugas yang menjadi kewajiban bersama.

"Mari terus bersinergi dan berkolaborasi, menjadikan Kabupaten HSS menjadi kabupaten yang semakin maju dan terdepan," ajaknya.

Adapun dalam penandatanganan BAR juga dilengkapi dengan penandatanganan komitmen atas BAR oleh Sekda HSS, Kepala KPPN Barabai, Kepala KPP Pratama Barabai dan Kepala BPKPD Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024