Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanah Laut, Kalimantan Selatan Antonius Jaka mengatakan, cakupan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) tetes Polio Putaran Pertama di Kabupaten Tanah Laut terealisasi sebesar 93,03 persen

"Untuk PIN tetes Polio Putaran Kedua akan mulai tanggal 12 Agustus 2024," ujar Antonius Jaka, di Pelaihari, Senin.

Untuk itu, Menurut dia, kepada para orangtua di Kabupaten Tanah Laut memiliki anak usia nol sampai tujuh tahun  agar membawa anaknya ke Posyandu, Puskesdes, Puskesmas dan rumah sakit mengikuti  imunisasi tetes Polio Putaran Kedua.

"Agar anak terhindar dari Penyakit Polio, kami minta orangtua di Tanah Laut mengikutkan anaknya pada PIN Putaran Kedua di pelayanan kesehatan terdekat," pinta Jaka.

Sebelumnya diberitakan,  Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanah Laut Antonius Jaka mengatakan, PIN Polio Putaran Pertama dilaksanakan mulai tanggal 23 Juli 2024.

Dijelaskannya, PIN Polio tersebut dilaksanakan karena ada kejadian luar biasa Polio di Indonesia ditemukan di Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Papua.

"Untuk di Kalimantan Selatan belum ada ditemukan," ungkapnya.

Pelaksanaan PIN Polio di Tanah Laut, jelas dia, serentak di seluruh kecamatan di Tanah Laut bagi bsyi usia nol tahun hingga anak umur tujuh tahun atau ulang tahun kedelapan kurang satu hari.

" Untuk tempat pemberiannya ada di Puskesmas, Puskesmas Pembantu, Posyandu, Pos PIN, PAUD dan sekolah-sekolah," terangnya.

Dia berharap, dari Imunisasi Polio tersebut agar masyarakat mempunyai anak usia nol tahun sampai tujuh tahun membawa anak dan bayi-bayinya mendapatkan dua tetes Vaksin Polio.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024