Pembalap Farel Huda Hanafi menjadi jawara kelas nasional pada kejuaraan balap motor trail enduro bertaraf internasional bertajuk Uncle Hard Enduro 2024 di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu.

Rider asal Kendal, Jawa Tengah dari tim Hyena KTM Kalsel Javamix ini finis tercepat pada kategori race enduro nasional pro mengalahkan para pembalap top lain dari berbagai wilayah di tanah air.

Baca juga: Pembalap Austria rajai Uncle Hard Enduro 2024 di Kalsel

Di lintasan sepanjang lima kilometer dengan 60 rintangan, Farel berhasil menyelesaikan enam lap dengan sempurna.

Dia unggul dari pesaing terdekatnya Wawan Kadri asal Samarinda dari tim Ubas Extreme Jakarta yang berkolaborasi dengan tim lokal Kalsel Sawit Enduro.

Wawan Kadri merupakan juara tahun lalu di kelas nasional dan sempat mampu bersaing di kelas internasional mewakili satu-satunya rider Indonesia pada Uncle Hard Enduro 2023.

Sementara wakil tuan rumah Kalimantan Selatan di kelas bergengsi ini hanya menempatkan tiga pembalap di 10 besar, yakni Herjuno dan Ahmad Rizky asal tim Gerombolan Trail finis keempat dan kelima serta Reza dari tim Shehzad 465 finis ke-10.

Atas kemenangannya, Farel berhak mengantongi hadiah uang tunai Rp25 juta plus tropi.

Baca juga: Uncle Hard Enduro 2024 hibur masyarakat Kalsel
 
Farel Huda Hanafi bersama motor trail di Uncle Hard Enduro 2024. (ANTARA/Firman)


Pemilik nomor start 53 ini bersyukur dengan kemenangannya dan mengaku telah berlatih keras selama satu bulan menyiapkan fisik dan kemampuan mengikuti Uncle Hard Enduro.

"Ini kejuaraan enduro paling bergengsi karena hadirnya para pembalap top dunia," ucapnya.

Gelaran Uncle Hard Enduro tahun ini merupakan edisi keempat dan terus menyedot animo pembalap top nasional dari berbagai wilayah di Indonesia terutama pulau Jawa. 

Didukung sepenuhnya Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang dipimpin sang Gubernur Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin, Uncle Hard Enduro telah menjadi barometer kejuaraan enduro di tanah air bahkan dunia balap motor trail internasional dengan hadirnya deretan pembalap top sekelas legenda enduro Graham Jarvis asal Inggris.

Baca juga: Rider Kabupaten Banjar bangga bisa bersaing pada UHE 2024


Video:  

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024