Pembalap motor trail internasional Michael Walkner dari negara Austria menjuarai gelaran kejuaraan balap Uncle Hard Enduro (UHE) 2024 di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), pada Minggu.

Michael Walkner berhasil ke luar sebagai juara pada kelas Race Enduro internasional setelah menuntaskan delapan putaran babak penyisihan pada Sabtu (10/8) dan delapan putaran pada hari kedua babak final di jalur sepanjang lima kilometer mengalahkan 21 pembalap lainnya dari 11 negara.

Baca juga: Uncle Hard Enduro 2024 hibur masyarakat Kalsel

“Saya senang bisa menjuarai UHE 2024, saya berharap dapat kembali tahun depan karena lintasan race di Kiram Park ini sangat menantang,” kata Michael Walkner usai menyelesaikan putaran babak final.

Sementara pada kelas yang sama di posisi kedua diraih oleh Mario Roman dari Spanyol, dan posisi 3 diraih mantan juara dunia Enduro Graham Jarvis dari Inggris.

Kemudian dua kategori kelas internasional lainnya, yakni kategori Power to Power dan Race Prolog di antaranya Juara 1 Mario Roman dari Spanyol, Juara 2 Alfredo Gomez dari Spanyol, dan Juara 3 Michael Walkner dari Austria.

Setelah babak final, mulai dari kelas lokal, nasional, dan internasional, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyerahkan total hadiah ratusan juta rupiah dan trofi penghargaan secara simbolis kepada pemenang kelas internasional.

Baca juga: UHE 2024 - Graham Jarvis: Potensi pembalap Kalsel semakin berkembang

Pada kesempatan itu, Sahirin mengatakan gelaran UHE ini sebagai upaya mengenalkan Kalimantan Selatan ke mancanegara dengan berbagai potensi daerah, mulai dari potensi pariwisata, kuliner, utamanya untuk mengasah kemampuan dan bakar para bibit-bibit pembalap muda lokal dan nasional.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh pemenang masing-masing kelas dan kategori. Saya bersyukur event ini terlaksana dengan sukses tanpa ada satupun kekurangan,” ujar Sahbirin.

Selain kelas kejuaraan, UHE 2024 juga turut menggelar kelas fun adventure yang diikuti 1.000 lebih pembalap muda dari berbagai provinsi se-Indonesia, mengelilingi rute sepanjang 55 kilometer untuk mengenalkan pesona dan keindahan alam Kiram Park Kabupaten Banjar yang ditetapkan Gubernur Kalsel sebagai wisata prioritas dan merupakan bagian dari Geopark Meratus yang saat ini diusulkan ke UNESCO untuk menjadi Global Geopark.

Baca juga: Rider Kabupaten Banjar bangga bisa bersaing pada UHE 2024
 
Graham Jarvis melewati lintasan motor trail kelas internasional pada gelaran Uncle Hard Enduro 2024 di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (11/8/2024). (ANTARA/Tumpal Andani Aritonang)

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024