Legenda balap dunia asal Inggris Graham Jarvis tampil gemilang sebagai juara tiga kelas race enduro internasional pada kejuaraan Uncle Hard Enduro (UHE) 2024 di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pada Sabtu (10/8), Graham Jarvis menuntaskan race pertama di jalur sepanjang lima kilometer menduduki posisi lima besar, kemudian menempati juara tiga saat memasuki hari kedua dengan rincian race hari pertama dan kedua menuntaskan delapan putaran.

Baca juga: Rider Kabupaten Banjar bangga bisa bersaing pada UHE 2024

“Saya rasa jalur yang paling sulit di tanjakan Paman Birin, ini sungguh-sungguh memacu adrenalin,” kata Graham Jarvis di sela istirahat usai menyelesaikan race terakhir di Kiram Park, Banjar, Minggu.

Dia mengaku sangat menikmati berbagai tantangan yang disiapkan panitia penyelenggara. Bahkan, Jarvis yang tidak pernah absen hingga pelaksanaan yang keempat kalinya ini, menyebutkan jalur UHE 2024 sangat menantang.

“Saya berpartisipasi sudah yang keempat kali. Salah satu kesulitan yang cukup menantang adalah cuaca, tahun keempat saya datang, sepertinya cuaca semakin terik,” ujar Graham Jarvis.

Legenda balap enduro internasional ini berharap pelaksanaan UHE terus mengalami peningkatan seiring semakin berkembang bibit pembalap lokal di Indonesia terutama Kalimantan Selatan.

Dia menilai jalur UHE semakin sulit setiap tahunnya, bahkan pada gelaran UHE 2024 ini merupakan lintasan yang paling menantang dibanding tahun sebelumnya.

Baca juga: Michael Walkner juara kelas internasional Uncle Hard Enduro 2024

Sementara itu, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengatakan gelaran UHE ini sebagai upaya menduniakan Kalimantan Selatan dengan berbagai potensi daerah, mulai dari potensi pariwisata, hingga bibit pembalap yang semakin berkembang.

Setelah seluruh pembalap menyelesaikan lomba selama dua hari, Sahbirin menyerahkan langsung hadiah dan trofi penghargaan khusus kepada para pembalap kelas internasional.

Berikut pemenang kelas internasional masing-masing kategori, di antaranya Race Enduro, Juara 1 Michael Walkner dari Austria, Juara 2 Mario Roman dari Spanyol, Juara 3 Graham Jarvis dari Inggris.

Kemudian kategori Power to Power dan Race Prolog, antara lain Juara 1 Mario Roman dari Spanyol, Juara 2 Alfredo Gomez dari Spanyol, Juara 3 Michael Walkner dari Austria.

Baca juga: Uncle Hard Enduro 2024 sebagai perwujudan "Unstoppable" Gubernur Kalsel

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024