Panitia pelaksana Uncle Hard Enduro (UHE) 2024 mengatakan kejuaraan balap motor trail bertaraf internasional ini sebagai bentuk perwujudan “Unstopabble” Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor untuk memberikan ruang bagi para pembalap lokal, nasional, hingga internasional dalam mengasah kemampuan.

“Kejuaraan motor trail ini merupakan semangat yang tidak henti dalam mendukung dan menjaring potensi para pembalap khususnya di Kalsel,” kata Ketua Panitia Pelaksana UHE 2024 M Dilah Yunani di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Minggu.

Dia menyebutkan gelaran UHE 2024 ini digelar mulai 9-11 Agustus, dengan mempertandingkan sebanyak lim kelas utama, yakni internasional pro, national, local open, 40 up, dan local hobby.

“Gelaran UHE sebagai langkah dari pemerintah daerah setempat bersama IOF Pengda Kalsel dan mitra lainnya untuk terus meningkatkan kualitas terkait regulasi balapan hingga bentuk pengemasan kejuaraan setiap tahun,” ujarnya.

Dilah menjelaskan track UHE 2024 sepanjang lima kilometer telah dirancang sedemikian rupa dengan berbagai medan dan rintangan yang sangat menantang untuk ditaklukkan para pembalap.

Panitia juga menginisiasi kelas fun adventure untuk lebih memeriahkan UHE 2024, dengan mengundang 1.000 lebih pembalap dari berbagai provinsi untuk menjelajahi keindahan alam Kiram Park dengan beragam rute menantang sepanjang 55 kilometer.

Dilah berharap olahraga ini dapat memberikan dampak positif dalam memupuk minat masyarakat untuk aktif berolahraga.

Selain itu, kata dia, penyelenggaraan UHE yang rutin setiap tahun ini juga bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta mengenalkan Kiram Park sebagai destinasi unggulan “City of Enduro” bagi para wisatawan lokal maupun internasional.

Dilah mengungkapkan dari total 22 pembalap internasional dari 11 negara, serta 100 lebih pembalap nasional, telah menuntaskan race pertama pada Sabtu (10/8) dengan jumlah putaran yang berbeda-beda sesuai kelas masing-masing. Dan hari ini akan dilanjutkan race kedua untuk menentukan pemenang podium masing-masing kelas.

“Gelaran UHE ini sebagai upaya menduniakan potensi daerah Kalimantan Selatan. Dari Unlce untuk dunia,” ujarnya lagi.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024