Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) terbaik tingkat nasional, dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI).

Penghargaan porklim diserahkan Menteri LHK RI Siti Nurbaya Bakar kepada Sekretaris Daerah (Sekda) HSS Muhammad Noor dalam acara Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan dan Energi Baru Terbarukan (LIKE) 2, bertema dengan tema “10 Tahun Kerja untuk Sustainabilitas”, di Jakarta.

Baca juga: Pemkab HSS raih penghargaan UHC Award 2024 kategori utama

"Alhamdulillah kita menerima penghargaan porklim diberikan sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat, karena kita melalui Dinas Pemukiman Rakyat dan Lingkungan Hidup (KPLH) HSS telah mengoptimalkan pengendalian perubahan iklim," kata sekda mengutip pers rilis Diskominfo HSS, Sabtu.

Adapun penghargaan ini sendiri merupakan bentuk apresiasi dalam pelaksanaan aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, maka KLHK RI memberikan penghargaan proklim.

Baca juga: Pemkab HSS anugerahkan penghargaan kepada 15 inovator

Penghargaan diberikan sebagai bagian dari komitmen negara, dalam rangka pengendalian perubahan iklim, sehingga melalui KLHK RI mendorong upaya aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di tingkat tapak.

Dan melalui Proklim diharapkan dapat peningkatan ketahanan terhadap dampak negatif perubahan iklim, serta mengurangi emisi Gas Rumah Kaca(GRK) yang dapat dilakukan mulai dari tingkat tapak.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024