Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar lomba gerak jalan beregu Bupati Cup 2024 antar pelajar se-kabupaten dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI).

“Penting bagi kita untuk menjaga kebugaran tubuh, salah satunya dengan lomba gerak jalan yang kita gelar untuk memeriahkan HUT ke-79 RI,” kata Bupati HST Aulia Oktafiandi di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Sabtu.

Dia menyebutkan, Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) HST menggelar lomba sebanyak tiga kategori peserta, yakni kategori Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) sederajat dengan jumlah peserta 12 regu, per regu terdiri atas satu orang komandan regu dan sepuluh orang anggota, dengan total peserta lomba sebanyak 132 orang.

Kemudian, kategori SMP/MTs sederajat dengan total jumlah 15 regu terdiri atas satu orang komandan regu dan 14 orang anggota, dengan total peserta sebanyak 225 orang.

Selanjutnya, kategori SMA/MA/SMK dengan jumlah 10 regu terdiri atas satu orang komandan regu dan 14 orang anggota, dengan total peserta lomba sebanyak 150 orang. 

“Melalui lomba gerak jalan ini, kami ingin mengajak pelajar untuk membiasakan pola hidup sehat, dengan berlatih jalan kaki melalui lomba gerak jalan. Saya berharap pelajar semua mengerti bagaimana pentingnya menjaga kebugaran tubuh,” ujar Aulia.

Melalui lomba gerak jalan, dia mengajak para peserta dapat menjadikan kesempatan ini menjadi ajang silaturahmi sesama pelajar dan untuk melatih disiplin, serta untuk mengubah karakter generasi penerus bangsa menjadi semakin lebih baik.

Sementara itu, Kepala Disporapar HST Ramadlan mengatakan kegiatan lomba yang dilaksanakan untuk menyambut HUT ke-79 RI ini, sekaligus sebagai ajang menumbuhkan minat pelajar untuk selalu berolahraga.

Ramadlan menyebutkan untuk juara pertama akan mendapatkan hadiah berupa trofi dan uang pembinaan sebesar Rp5 juta, juara kedua mendapat trofi dan uang pembinaan sebesar Rp3 juta, dan juara ketiga mendapatkan trofi dan uang pembinaan sebesar Rp1 juta.

”Khusus bagi tim beregu yang mendapatkan juara pertama tiap kategori, nanti dikirim untuk mengikuti lomba gerak jalan tingkat provinsi yang akan dilaksanakan di Kantor Setda Provinsi Kalsel pada 10 Agustus mendatang,” ujar Ramadlan.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024